Diskusi Sesi Ke-2

Menjawab sesi 2

Menjawab sesi 2

by APRIL YANA YULIANI -
Number of replies: 0

 

1. Menyimak: Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

 

Menyimak adalah keterampilan dasar dalam komunikasi yang dapat dikembangkan melalui aktivitas sastra.

 

a. Mendengarkan Cerita Rakyat dan Fabel

 

Kegiatan: Guru membacakan cerita rakyat atau fabel yang kaya nilai budaya dan moral, seperti "Sangkuriang," "Timun Mas," atau cerita lokal lainnya.

 

Tujuan:

 

Melatih kemampuan siswa dalam menyimak informasi lisan.

 

Memperkenalkan budaya lokal dan nilai-nilai tradisional.

 

 

Tindak Lanjut:

 

Siswa diminta menceritakan kembali cerita yang didengar untuk melatih pemahaman dan berbicara.

b. Mendengarkan Puisi dan Lagu Tradisional

 

Kegiatan: Guru membacakan puisi atau memutar lagu daerah, seperti pantun Melayu atau tembang Jawa.

 

Tujuan:

 

Meningkatkan kepekaan terhadap keindahan bunyi bahasa.

 

Memahami makna budaya yang terkandung dalam karya sastra lisan.

 

2. Berbicara: Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

 

Keterampilan berbicara dikembangkan melalui kegiatan diskusi, bermain peran, dan pementasan sastra.

 

a. Bermain Peran (Role-Playing)

 

Kegiatan: Siswa memerankan tokoh dalam cerita rakyat atau dongeng yang sudah disimak.

 

Tujuan:

 

Melatih keterampilan berbicara dan menyampaikan ekspresi.

 

Memahami nilai moral dalam cerita melalui tindakan.

b. Diskusi Nilai-Nilai dalam Sastra

 

Kegiatan: Setelah mendengarkan atau membaca cerita, siswa diajak berdiskusi, misalnya:

 

"Apa yang bisa kita pelajari dari tokoh utama?"

 

"Bagaimana cerita ini menggambarkan budaya daerah tertentu?"

 

 

Tujuan:

 

Melatih keberanian siswa dalam berbicara.

 

Mengembangkan kemampuan berpikir kritis.