Diskusi Sesi Ke-13

diskusi sesi 13

diskusi sesi 13

oleh WAHYU RAMDHAN -
Jumlah balasan: 0

Menurut saya, proyek berbasis karakter yang dapat dilakukan di sekolah untuk mengembangkan keterampilan bahasa dan sastra Indonesia sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter meliputi beberapa kegiatan berikut:  

 

**Proyek Penulisan Buku Cerita**  

Siswa diminta menulis cerita pendek yang mengandung nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, kerja sama, atau tanggung jawab. Misalnya, siswa bisa membuat cerita tentang pengalaman membantu orang tua atau kerja sama dalam kegiatan kelompok. Proyek ini mengasah keterampilan menulis sekaligus mendorong siswa merefleksikan nilai-nilai moral.  

 

**Pementasan Drama Bertema Moral**  

Siswa dapat membuat dan memerankan drama yang diadaptasi dari cerita rakyat, fabel, atau kisah inspiratif. Kegiatan ini melatih keterampilan berbicara, ekspresi, dan kerja sama dalam kelompok, sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter seperti toleransi, disiplin, dan kepemimpinan.  

 

**Pembuatan Puisi dan Antologi**  

Siswa diajak membuat puisi bertema cinta tanah air, persahabatan, atau lingkungan. Puisi-puisi yang telah dikumpulkan kemudian diterbitkan dalam bentuk antologi sederhana. Proyek ini tidak hanya melatih kreativitas bahasa, tetapi juga meningkatkan rasa tanggung jawab dan kebanggaan siswa terhadap hasil karyanya.  

 

**Jurnal Refleksi Harian**  

Siswa diminta menulis jurnal harian tentang pengalaman mereka menerapkan nilai-nilai tertentu, seperti jujur atau disiplin, dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini melatih kemampuan menulis narasi secara runtut sekaligus membangun kesadaran siswa terhadap nilai-nilai karakter yang mereka praktikkan.  

 

**Proyek Kampanye Literasi**  

Siswa dapat menyusun poster, pamflet, atau video kampanye tentang pentingnya membaca dan menulis. Kampanye ini tidak hanya mengasah keterampilan berbahasa dalam berbagai media, tetapi juga menanamkan nilai peduli dan semangat berbagi dengan teman-teman di sekolah.  

 

Proyek-proyek ini, menurut saya, tidak hanya meningkatkan keterampilan bahasa dan sastra siswa, tetapi juga membentuk pribadi yang berkarakter melalui pengalaman belajar yang nyata dan bermakna. Bagaimana menurut teman-teman? Apakah ada proyek lain yang mungkin lebih sesuai?