Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Mengenai kewirausahaan sosial

Mengenai kewirausahaan sosial

by MOH.FERDI RATIM -
Number of replies: 3

Kewirausahaan sosial adalah tentang bagaimana menerapkan pendekatan yang praktis, inovatif, dan berkelanjutan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat, khususnya masyarakat kelas ekonomi bawah dan yang terpinggirkan.

Mengapa kewirausahaan sosial dinilai penting : Penerapan kewirausahaan sosial dipandang penting, karena memilki karakteristik yang merupakan terobosan baru dalam memecahkan fenomena sosial melalui pendekatan selain mencari keuntungan, juga menciptakan nilai sosial terutama bagi masyarakat miskin.

 

In reply to MOH.FERDI RATIM

Re: Mengenai kewirausahaan sosial

by RESITA NOVA ELISYA -
ijin menambahkan seseorang yang memiliki kewirausahaan tinggi dan digabung dengan kemampuan manajerial yang memadai akan menyebabkan dia sukses dalam usahanya (Priyanto, 2005). Dari sisi psikologis, kewirausahaan adalah suatu jiwa yang yang memiliki semangat, mimpi, berani mencoba, keinginan besar, kreatif, memiliki need for achievement, visi hidup dan independen.
In reply to RESITA NOVA ELISYA

Re: Mengenai kewirausahaan sosial

by PITRA ADE RINALDI -
izin menambahkan, kewirausahan sosial merupakan sebuah langkah dalam pemberdayaan masyarakt yang secara kateori belum optimal daalam melakukan aktivitas ekonomi. Dalam hal ini, pemberdayaan yang dilakukan untuk pendistribusian kesejahteraan bagi masyarakat, guna meningkatkan status ekonomi secara kolektif ataupun kelompok.
In reply to PITRA ADE RINALDI

Re: Mengenai kewirausahaan sosial

by SALSABILA GUSTIA WIBAWA -
izin menambahkan, meskipun berorientasi sosial, kewirausahaan sosial tidak sepenuhnya menjalankan aktivitas sosial dan juga tidak sepenuhnya menjalankan aktivitas bisnis seperti layaknya wirausahawan, tetapi kedudukannya berada diantara keduanya. Tujuannya untuk menjalankan misi sosial dengan memaksimalkan profit dimana penerima manfaat kalaupun membayar biasanya akan lebih murah dari biasanya karena disubsidi. Untuk menerapkannya dibutuhkan strategi komersial untuk mengatasi masalah sosial diawali dengan mengidentifikasi masalah sosial yang belum tertangani serta peluang yang ada disekitar, setelah itu menawarkan solusi, mengidentifikasi kembali siapa saja yang akan kita libatkan kedalam solusi kita, dan yang terakhir membuat sistem atau model bisnis yang akan kita tawarkan sebagai solusi agar dapat berkelanjutan.
Terima Kasih