Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

UPAYA PENGEMBANGAN DIRI DI MASA PANDEMI

UPAYA PENGEMBANGAN DIRI DI MASA PANDEMI

by DINA MILA PRASASTI -
Number of replies: 3

Covid-19 atau yang lebih dikenal sebagai Virus Corona telah menjadi perhatian public sejak kemunculannya terdeteksi di Tiongkok untuk kali pertamanya di awal tahun 2020. Meinggalnya ribuan jiwa akibat virus ini membuatnya menjadi pusat perhatian banyak negara, termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 terbukti telah memberikan tekanan pada kondisi ekonomi dan sosial di Indonesia sejak akhir tahun 2019. Dampak ekonomi ini berdampak luas di seluruh wilayah Indonesia. Perekonomian masing-masing daerah terancam, ditambah dengan kondisi daerah yang lebih buruk dari sebelumnya. Keadaan pandemic juga sangat berdampak terhdap kesehatan mental masyarakat di Indonesia bahkan di seluruh Dunia. Karena hal tersebut, pemerintah Indonesia langsung mengambil langkah represif agar angka penyebaran bisa ditekan semaksimal mungkin.

Salah satu upaya represeif pemerintah adalah dengan PSBB, hal tersbeut membatasi kegiatan masyarakat dalam bersosialisasi. Perkantoran melaksanakan WFH, kegiatan pembelajaran dilakukan secara online, dan banyak kegiatan yang mengumpulkan banyak orang tidak dapat dilaksanakan. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap cara seseorang mengembangkan dirinya di masa pandemic, karena ada banyak hal yang seharusnya bisa ia lakukan, namun tidak bisa dilakukan karena terhalang oleh keadaan. Namun, ada upaya yang tetap bisa dilakukan dalam rangka mengembangkan diri di masa pandemic. Salah satu caranya dengan mengikuti berbagai macam seminar pengembangan diri melalui media zoom yang harganya dapat dikatakan saat ini lebih terjangkau, bahkan banyak seminar-seminar yang dapat diikuti secara gratis. Selain hal tersebut, kita juga dapat melihat video- video pengembangan diri melalui youtube. Karena ada pepatah, bahwa saat ini, kita bisa melihat dunia dari youtube. Terdapat banyak konten edukasi, self development, yang dapat diakses dengan mudah melalui Youtube.  

In reply to DINA MILA PRASASTI

Re: UPAYA PENGEMBANGAN DIRI DI MASA PANDEMI

by ADE GHAIRI ZAHRA -
Ya upgrade diri pastinya
In reply to ADE GHAIRI ZAHRA

Re: UPAYA PENGEMBANGAN DIRI DI MASA PANDEMI

by MUHAMMAD AKBAR AS -
Memastikan untuk mengembangkan diri untuk melihat diri terlebih dahulu. Karena ini mau mengembangkan diri perlu mengtau kelemahan dan kelebihan