Forum Diskusi Modul VI: Pengembangan Project Proposal

Pengertian Project Proposal

Pengertian Project Proposal

by HABSY ALIVIA ROHANA -
Number of replies: 8

Project Proposal adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja proyek yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok perencana untuk diajukan kepada pihak pemegang proyek dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam perencanaannya atau pengerjaannya. 

In reply to HABSY ALIVIA ROHANA

Re: Pengertian Project Proposal

by SAOKI FIRDAUS -
izin menambahkan, format project proposal : Lembar salinan RFP (Request for Proposal).
Surat pengantar tanda RFP diterima.
Abstrak atau ringkasan eksekutif yang ditujukan untuk manajer perusahaan/lembaga tujuan proposal.
Halaman judul; merinci urutan isi seperti judul proposal, nama organisasi/perusahaan klien, nomor RFP atau informasi lain, tanggal pengiriman, nama penulis atau perusahaan.
Daftar isi; mencantumkan semua judul bagian dan nomor halaman awal.
Daftar figur/tabel; daftar yang memuat setiap judul figur/tabel beserta nomor halamannya. Hal ini dicantumkan sebagai pelengkap dan penjelas dalam penyusunan proposal.
Pendahuluan; berisi alasan mengapa proposal ini diajukan.
Latar belakang, masalah, dan tujuan.
Isi proposal, rencana pelaksanaan, dan jadwal kegiatan.
Pada bagian ini diuraikan bagaimana pengelolaan dan audit kemajuan proyek dalam time schedule atau matrix ‘acuan’ pengejaan. Termasuk di dalamnya perencanaan strategis dan operasional proyek, perencanaan waktu, dan jaringan kerja. Mengenai jadwal kegiatan, kamu bisa korelasikan dengan biaya. Bahkan kamu bisa menggunakan rumus perhitungan seperti:
– Slope biaya Biaya dipersingkat Biaya normal / (dibagi) Waktu normal Waktu dipersingkat.|
– Slope biaya = 22.000 – 17.000/8-6 = 2.500
Penetapan staf. Bagaimana kapasitas pemimpin proyek, identifikasi jumlah, dan kualifikasi staf pendukung serta sumber lain seperti fasilitas teknis dan non teknis, termasuk di dalamnya program khusus untuk analisis statistik. Bagaimana menangani keterbatasan sumber daya serta efektivitas sumber daya di berbagai posisi atau pos kerja.
Anggaran; daftar biaya proyek yang diusulkan. Biaya biaya yang dikeluarkan, yaitu biaya langsung dan tidak langsung.
Otorisasi; lembar penutup yang memuat persetujuan atau otorisasi.
Lampiran; merupakan materi tambahan seperti memuat resume peneliti utama atau surat pernyataan.
In reply to HABSY ALIVIA ROHANA

Re: Pengertian Project Proposal

by FINNA WENDI SINARA -
Proposal proyek merupakan perpanjangan dari proposal bisnis, maka dalam proposal proyek faktor yang penunjangnya adalah kriteria kelayakan suatu proyek.
In reply to HABSY ALIVIA ROHANA

Re: Pengertian Project Proposal

by AYU LESTARI -
proposal proyek umumnya mengacu pada dokumen tertulis yang akan diserahkan kepada sponsor internal, klien, atau calon klien yang membangun kasus agar tim kita memberikan ruang lingkup pekerjaan.
In reply to AYU LESTARI

Re: Pengertian Project Proposal

by SHOFIYAH MAULINA -
proposal proyek yaitu Ketika datang untuk membuat tawaran formal untuk pekerjaan baru, proposal proyek umumnya mengacu pada dokumen tertulis yang akan diserahkan kepada sponsor internal, klien, atau calon klien yang membangun kasus agar tim Anda memberikan ruang lingkup pekerjaan.

Tentu, ada jenis proposal lain — proposal lisan, email informal, formulir isian, dll. — tetapi ketika kita berbicara tentang mengamankan klien baru atau proyek baru secara formal, yang kita bicarakan sebenarnya adalah mendongeng dan seni persuasi.
In reply to AYU LESTARI

Re: Pengertian Project Proposal

by Muhammad Rizki Nur Atsani -
menambahkan pendapat di atas, penyerahan dokumen tersebut biasanya melalui tahapan yang disebut pitching atau presentasi agar dapat semakin meyakinkan klien dan pihak eksternal tentang suatu proyek yang akan kita jalankan
In reply to HABSY ALIVIA ROHANA

Re: Pengertian Project Proposal

by Mochammad Mugi Setiyanto -
Proposal proyek adalah suatu rancangan kegiatan atau kerja proyek yang disusun secara sistematis dan terperinci sesuai standar oleh seseorang atau sekelompok perencana untuk diajukan kepada pihak pemegang proyek dalam mendapatkan persetujuan maupun bantuan dalam perencanaannya atau pengerjaannya.
In reply to HABSY ALIVIA ROHANA

Re: Pengertian Project Proposal

by SITI ARIFAH -
Project Proposal adalah Pada dasarnya setiap kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi tujuan yang telah disepakati bersama. Dalam kegiatan itu tentunya ada hal yang harus melengkapi sebagai prasyarat yang bisa memudahkan dalam menjalankan kegiatan yang akan dilaksanakan.