Forum Diskusi 5: Pemahaman Manajemen Resiko

tujuan manajemen resiko

tujuan manajemen resiko

by Rina Fatmawati -
Number of replies: 0

Tujuan Manajemen Resiko

Manajemen resiko memiliki beberapa tujuan penting yang menunjang agar sebuah perusahaan mampu bertahan serta mencapai tujuan atau visi-misinya. Setidaknya ada 4 tujuan manajemen resiko sebagai berikut:
 
1. Melindungi Perusahaan
Seperti yang dibahas sebelumnya, konsep manajemen resiko muncul untuk melindungi sebuah bisnis agar bisa bertahan dari berbagai tantangan dan masalah yang harus dihadapi setiap perusahaan. Setiap tantangan dan masalah bisnis dapat memberikan dampak dengan tingkatan yang berbeda-beda, mulai dari rendah hingga yang tinggi seperti pandemi corona ini.
Untuk menekan resiko yang harus diterima perusahaan, dibuatlah manajemen resiko ini. Sehingga, kerugian atau resiko yang harus ditanggung perusahaan bisa diminimalisir hingga serendah mungkin. Bahkan, pengusah dapat menetapkan sampai sebesar apa resiko yang dapat mereka toleransi.
 
2. Membantu Pembuatan Kerangka Kerja
Adanya manajemen resiko akan sangat memudahkan pemilik usaha untuk membuat kerangka kerja perusahaan. Adanya tujuan manajemen resiko menjadi asumsi bagi pemilik usaha atau manajemen untuk sistem kerja yang efektif dan efisien.
Sebagai contoh, adanya manajemen resiko membuat pemilik usaha menciptakan SOP yang sedemikian rupa untuk mencegah terjadinya financial lost. Pengusaha juga bisa membuat sanksi-sanksi bila terjadi kondisi yang merugikan perusahaan.
 
3. Meningkatkan Kinerja Bisnis
Adanya manajemen resiko secara otomatis akan mendorong pemilik usaha, atau manajemen yang telah diberikan kewenangan untuk bertindah proaktif untuk mengurangi potensi terjadinya resiko.
Dengan sistem kontrol yang terus berjalan, manajemen akan sangat mudah menemukan masalah-masalah di lapangan, yang kedepanya dapat menjadi bahan evaluasi serta perbaikan secara terus menerus. Kondisi tersebut akan mendorong kinerja perusahaan untuk semakin efektif dan efisien. Secara tidak langsung, daya saing perusahaan juga akan semakin kuat.
 
4. Sebagai Pengingat
Manajemen resiko juga bisa menjadi pengingat bagi setiap elemen bisnis agar berhati-hati setiap kali menjalankan pekerjaanya. Kehati-hatian ini akan mengurangi resiko kesalahan proses kerja yang bisa berdampak pada kerugian baik secara waktu, tenaga, ataupun finansial.