Forum Diskusi 3: Perencanaan Proyek

Hambatan Perencanaan Proyek

Hambatan Perencanaan Proyek

by I Made Mudiana -
Number of replies: 6

Dalam menjalankan segala aktiitas yang masing dalam suatu angan-angan/ perencanaan, tentunya akan ada hambatan, hambatan apa saja yang terjadi dalam perencanaan proyek, serta bagaimana meminimalisis hambatan tersebut??

In reply to I Made Mudiana

Re: Hambatan Perencanaan Proyek

by MUHAMMAD MASHURI UTAMA -
Beberapa hambatan yang mungkin timbul dalam perencanaan proyek adalah:
1. Penolakan dari masyarakat
2. Penolakan dari pihak yang berwenang pada daerah/wilayah tersebut
3. Adanya konflik kepentingan tertentu yang menghambat
4. Kurangnya kajian dalam perencanaan
5. Minimnya anggaran
Hambatan-hambatan tersebut dapat diminimalisir dengan melakukan pendekatan secara intensif, pemberian kompensasi yang layak jika perlu, meningkatkan kajian dalam perencanaan, serta melakukan crowd-funding untuk mendapatkan pendanaan.
In reply to MUHAMMAD MASHURI UTAMA

Re: Hambatan Perencanaan Proyek

by NURFAUDZAN NURFAUDZAN -
kira" solusi untuk poin 2 bagaimana?
In reply to NURFAUDZAN NURFAUDZAN

Re: Hambatan Perencanaan Proyek

by I Putu Dika Putra Ariantika -
Menurut saya untuk menanggulangi hambatan poin 2 yaitu penolakan dari pihak yang berwenang pada daerah atau wilayah tersebut dapat ditanggulangi dengan melakukan sebuah pertimbangan yang baik dalam sebuah perancangan atau perencanaan sebuah proyek. Jika sebuah pertimbangan sudah dilakukan, tentunya komunikasi juga sangat perlu dilakukan untuk menjelaskan rancangan proyek kita nantinya. Terutama kita harus mampu menjelaskan apa saja dampak yang ditimbulkan dari proyek tersebut, baik itu dampak positif maupun negatifnya. Selain menjelaskan dampak kita juga harus memberikan bayangan peluang-peluang yang bisa masyarakat atau daerah tersebut peroleh setelah proyek tersebut nantinya dikerjakan.
In reply to MUHAMMAD MASHURI UTAMA

Re: Hambatan Perencanaan Proyek

by MUHAMAD FAHMI FATUREFQI -
yaa tentu dalam setiap melaksanakn perencanan proyek akan selalu ada hambatan yang dialami baik dari fakor eksternal dan internal. namun yang bisa menjadi fokus utama kita dalam merencanakan proyek ini dalah bagaimana kita merangkul dan mengayomi masyarakat dengan melakukan pendekatan sebaik mungkin. melalui sosialiasi dan juga memberikan pemahaman akan ebih bijak dalam merencanakan suatu proyek ditengah masyarakat.
In reply to MUHAMMAD MASHURI UTAMA

Re: Hambatan Perencanaan Proyek

by SELLY HESTIANI SINTA -
-Sumber daya yang tidak memenuhi. Sering kali dalam sebuah proyek terkendala dengan terbatasnya sumber daya yang ada untuk menyelesaikan pekerjaan di dalam proyek tersebut. Sehingga satu orang harus memegang beberapa peranan sekaligus. Disinilah kinerja pimpinan sangat dibutuhkan, terutama dalam memastikan setiap tugas yang diberikan pada para pekerja berjalan dengan lancar. Sehingga meskipun sumber daya sangat minim, namun proyek tidak mengalami kendala yang berarti.
-Waktu terlalu singkat, ada banyak kasus dimana proyek selalu dihadapkan pada waktu pengerjaan yang cukup singkat dan cepat. Sehingga banyak dari anggota tim proyek yang merasa kewalahan untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Kondisi ini memaksa tim proyek untuk bekerja ekstra dan bahkan tidak jarang harus bekerja lembur untuk menyelesaikannya. Tentu saja dalam hal manajemen proyek yang efektif, hal ini menjadi penghalang dan masalah yang harus dihadapi dengan seksama.
-Kendala komunikasi, inilah hal yang sering kali terjadi. Tidak ada komunikasi satu dengan yang lain, atau salah pengertian dalam mengutarakan maupun menerima maksud yang diinginkan. Oleh karena itu menjaga komunikasi antar pihak adalah hal yang sangat penting. Sehingga nantinya tercapai satu kesepakatan yang sejalan dan proyek bisa terselesaikan dengan baik dan cepat.
-Masalah dana, ini juga sering menjadi masalah utama pada sebuah proyek. Keterbatasan dana ini memaksa pemimpin proyek untuk bisa maksimal dalam melakukan pengaturan dana tersebut. Sehingga dana bisa dialokasikan dengan tepat pada sektor yang membutuhkan.
In reply to I Made Mudiana

Re: Hambatan Perencanaan Proyek

by YUNIAR AYUNINGTYAS -
Banyak sekali hambatan yang akan terjadi apabila merencanakan suatu proyek. Salah satu langkah meminimalisir hambatan tersebut adalah dengan melakukan sinergi antara berbagai pihak yang memiliki kepentingan agar seluruh pihak dapat memiliki pola pikir yang sama.