Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

PENGEMBANGAN DIRI

PENGEMBANGAN DIRI

by NUR AISYAH -
Number of replies: 0

Pengembangan diri adalah segala kegiatan atau aktivitas kita yang berhubungan dengan identitas diri, baik itu pengembangan bakat ataupun potensi seseorang.

Lalu apa saja kah langkah - langkah yang harus dilakukan saat kita mengembangkan diri :

1. Memupuk Kepercayaan Diri 

Supaya diri sendiri bisa berkembang dengan mengikuti kursus, pelatihan, seminar, dan kegiatan dari kampus. Maka penting sekali untuk memulainya dengan memupuk rasa percaya diri. 

2. Menggunakan Waktu dengan Baik 

Langkah kedua di dalam pengembangan diri adalah memahami bagaimana cara mengatur waktu dengan baik. Sehingga bisa menghargai waktu dengan seksama dan menggunakannya untuk hal-hal produktif dan bermanfaat. 

3. Terbuka Terhadap Segala Hal 

Menjadi katak dalam tempurung adalah dinding besar yang menghalangi kamu untuk tumbuh lebih baik dan sukses. Maka penting sekali untuk mau keluar dari zona nyaman dan dunia yang selama ini ditekuni.

4. Belajar dari Pengalaman 

Pengalaman dikatakan sebagai guru paling berharga, dan tidak pernah salah. Pengalaman kadang bisa membuat kamu bahagia dan puas namun bisa pula membuat kecewa dan menyesal. 

Namun, semua pengalaman tersebut adalah media untuk belajar.

5. Punya Ambisi atau Keinginan Berprestasi 

Langkah berikutnya di dalam pengembangan diri adalah membangun ambisi, mimpi, dan keinginan besar. Berhubung mimpi itu gratis maka seseorang perlu memiliki mimpi besar dan berusaha mewujudkannya.