Forum Diskusi Modul V: Social Enterpreneurship

Social Enterprenership, Menurut Kamu?

Social Enterprenership, Menurut Kamu?

by MUHAMAD FAHMI FATUREFQI -
Number of replies: 2

Wirausaha adalah suatu cara untuk mencapai atau mendapatkan suatu nilai ekonomi demi memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pada dasarnya wirausaha bisa dilaksanakan diberbagai sektor perekonomian guna mendukung perekonomian. Sedangkan kewirausahaan pada hakekatnya adalah suatu cara dalam mengembangkan potensi diri, baik oleh diri sendiri maupun bersama dengan orang lain, dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada baik itu dari alam maupun sumber daya manusia dalam rangka meraih keuntungan ekonomi, sedangkan kewirausahaan sosial merupakan hasil pengembangan dari kewirausahaan umum, kewirausahaan sosial memasukan unsur kepedulian sosial, sehingga orang yang menjalankan kewirausahaan sosial tidak hanya beorientasi pada keuntungan ekonomi, tetapi juga fokus pada tujuan sosial yang ada. Dengan adanya kewirausahaan sosial, para pihak yang terlibat dalam mengembangkan kemampuan ini, mempunyai misi yang mulia dalam membantu berbagai permasalahan yang berada di masyarakat, seperti kemiskinan, ketimpangan, pengangguran, dan lain sebagainya. Kewirausahaan sosial bisa melihat potensi atau nilai peluang usaha yang berada di suatu tempat untuk bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik mungkin guna kepentingan bersama.

Pada masa pandemi covid-19 seperti ini, khususnya di daerah yang membutuhkan perhatian yang lebih lanjut adanya kewirausahaan sosial dapat memberikan dampak yang baik bagi kehidupan masyarakat setempat di seluruh daerah di Indonesia. Dengan berbagai permasalahan yang dihadapi di daerah-daerah nusantara seperti adanya ketimpangan sosial - ekonomi, pola hidup sehat yang belum merata, kemiskinan yang sangat jelas, serta kurangnya fasilitas umum yang memadai. Menjadi suatu motivasi untuk bisa menggerakan suatu program yang bisa membantu kepentingan bersama. Kewirausahaan sosial bisa menjadi salahsatu jawaban atas ketidakmerataan ekonomi yang ada, dengan memanfaatkan berbagai peluang dan sumber daya yang ada sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat setempat.

In reply to MUHAMAD FAHMI FATUREFQI

Re: Social Enterprenership, Menurut Kamu?

by DEWI KARLINA -
Secara umum Entrepreneurship adalah proses kegiatan kretivitas dan inovasi menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber-sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain serta memenangkan persaingan.
In reply to DEWI KARLINA

Re: Social Enterprenership, Menurut Kamu?

by Muhammad Rifaldi -
Social Entrepreneurship merupakan kegiatan berwirausaha yang berfokus pada pengembangan masyarakat