Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Manfaat social entrepreneur

Manfaat social entrepreneur

by KHOIRUL FAHMI -
Number of replies: 3

Nama : Khhoirul Fahmi

Nomor : PM020204

Social entrepreneur memiliki upaya yang berkelanjutan dalam memberikan ide-ide segar untuk dapat menyelesaikan masalah sosial yang berbeda-beda. Di sini pemilik usaha punya peran penting dalam memegang kendali dan mempertaruhkan reputasinya demi bertanggung jawab dalam mengatasi permasalahan sosial. 

Konsep wirausaha sosial ini bukan hal baru, namun sangat jarang ditemukan. Selain masih banyak yang belum mengetahui, perkembangan usaha saat ini lebih berkiblat pada sistem kapitalis yang lebih mengejar keuntungan semata.

Ditambah adanya dorongan dari lembaga-lembaga keuangan yang sangat eksploitatif terhadap manusia dan lingkungan membuat sehingga lebih fokus kepada penggandaan modal.

Di Indonesia sendiri banyak social entrepreneur yang bisa dijadikan panutan, salah satu contohnya adalah masril koto, yang mendirikan bank khusus bagi petani di Sumatera Barat, dalam bentuk Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis (LKMA) Prima Tani.

In reply to KHOIRUL FAHMI

Re: Manfaat social entrepreneur

by FARIS MUHAMMAD -
paparan yang disampaikan cukup bagus untuk di aplikasikan di lingkungan sekitar
In reply to KHOIRUL FAHMI

Re: Manfaat social entrepreneur

by I Made Puspa Kusuma -
Menurut saya, social entrepreneur ini hadir untuk memecahkan berbagai masalah sosial (social problem) yang terjadi di masyarakat.
Orang-orang ini biasanya terjun langsung ke masyarakat dan mengamati langsung kebutuhan lingkungan. Dengan kata lain, kewirausahaan sosial ada untuk mencapai apa yang tidak dapat disentuh oleh pemerintah dan sektor swasta.