Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Elemen-elemen Kewirausahaan Sosial

Elemen-elemen Kewirausahaan Sosial

by PUTRI UTAMMI DEWI SUDIRMAN -
Number of replies: 1

Kewirausahaan sosial adalah tentang bagaimana menerapkan pendekatan yang praktis, inovatif, dan berkelanjutan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat, khususnya masyarakat kelas ekonomi bawah dan yang terpinggirkan. Definisi komprehensif di atas memberikan pemahaman bahwa kewirausahaan sosial terdiri dari empat elemen utama yakni

social value, (Nilai sosia)l adalah berbagai prinsip, anggapan maupun keyakinan yang berlaku dalam suatu masyarakat. Nilai ini menjadi pedoman hidup bagi anggota masyarakat dan dianggap baik dan benar serta wajib dipatuhi.

civil society, (Masyarakat madani) adalah sebuah konsep dalam bentuk masyarakat yang sering di perbincangkan hingga saat ini. Makna dan arti dari civil society sendiri bermacam-macam dan bervariasi.

innovation, (inovasi) diartikan sebagai proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru.

economic activity, (Kegiatan ekonomi atau aktivitas ekonomi) mencakup aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa selama periode waktu tertentu. Aktivitas ekonomi melibatkan transaksi moneter (uang), berbeda dengan aktivitas non-ekonomi yang tidak melibatkan uang.

In reply to PUTRI UTAMMI DEWI SUDIRMAN

Re: Elemen-elemen Kewirausahaan Sosial

by RIDO MUKTI -
setuju dengan persepsi ini