Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Langkah menentukan objek pemetaan sosial

Langkah menentukan objek pemetaan sosial

by WENTRIANI WENTRIANI -
Number of replies: 2

Ada 5 Langkah pemetaan sosial masyarakat

  1. Memilih dan menentukan objek analisis

Pemilihan sasaran masalah harus berdasarkan pada pertimbangan rasional dalam arti realitas yang dianalisis merupakan masalah yang memiliki signifikan sosial dan sesuai dengan visi atau misi organisasi.

  1. Pengumpulan data atau informasi penunjang

untuk dapat menganalisis masalah secara utuh, maka perlu didukung dengan data dan informasi penunjang yang lengkap dan relevan, baik melalui dokumen media massa, kegiatan observasi maupun investasi langsung di lapangan recek data atau informasi mutlak dilakukan untuk menguji validitas data.

  1. Identifikasi dan analisis masalah

merupakan tahap menganalisis objek berdasarkan data yang telah di simpulkan. Pemetaan beberapa variable, seperti keterkaitan aspek politik, ekonomi, budaya dan agama dilakukan pada tahap ini. Melalui analisis secara komphrehensif diharapkan dapat memahami subtansi masalah dan menemukan saling keterkaitan antara aspek.

  1. Mengembangkan presepsi

Setelah diidentifikasi berbagai aspek yang memoengaruhi atau terlibat dalam masalah, selanjutnya dikembangkan persepsi atas masalah sesuai cara pandang objektif. Pada tahap ini akan muncul beberapa kemungkinan implikasi konsekuensi dari objek masalah, serta pengembangan beberapa alternatif sebagai kerangka tindak lanjut.

  1. Menarik kesimpulan

Pada tahap ini telah diperoleh kesimpulan tentang; akar masalah, pihak mana saja yang terlibat, pihak yang diuntungkan dan dirugikan, akibat yangdimunculkan secara politik, sosial, ekonimi serta paradigma tindakan yang bisa dilakukan untuk proses perubahan.