Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Langkah langkah menganali potensi diri

Langkah langkah menganali potensi diri

by OKTIVA WULANDARI -
Number of replies: 1

1. Kenali Minat dan Bakat

 

Kenali apa minat dan bakat kita, apa yang membuat kita bersemangat dan tidak pernah berhasil melakukannya, apa yang membuat kita bahagia setelah selesai melakukannya. Dengan mengenali minat kita pada apa, dan di bidang apa kita berbeakat, maka selanjutnya akan lebih mudah bagi kita untuk melakukan pengembangan diri.

 

 

 

2. Minta Pasukan dari Orang Terdekat

 

Orang yang paling mengenal diri kita selain kita sendiri adalah orang terdekat, misalnya keluarga, sahabat, mentor, atau saudara. Mereka adalah orang-orang yang paling sering berinteraksi dengan kita dengan intensitas waktu yang paling banyak, sehingga sangat mungkin mereka mengetahui tentang diri kita, bahkan hal-hal yang paling kecil sekalipun, termasuk potensi yang kita.

 

 

 

3. Mencoba Hal Baru, Keluar dari Zona Nyaman

 

Jangan hanya mempelajari hal-hal yang ada di sekitar kita saja. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri. Jika kita belum tahu apa yang kita sukai, coba lakukan berbagai hal positif yang belum pernah kita coba. Jangan takut salah, jangan takut gagal. Beranjaklah dari zona nyaman, karena berada di zona nyaman tidak akan membuat diri kita tumbuh. Semakin banyak hal positif yang kita coba, maka akan semakin banyak informasi yang kita dapatkan terkait ketertarikan dan kemampuan kita.

 

 

 

4. Gali Informasi

 

Masifnya informasi yang masuk ke dalam kehidupan kita perkembangan teknologi digital dan jaringan internet, memberi kita kesempatan untuk terus berkat pengetahuan kita tentang berbagai hal. Jangan pernah berhenti mencari informasi, karena itu adalah sumber potensi yang bermanfaat. Yang perlu diingat adalah, menyaring bacaan atau tontonan yang kita konsumsi, karena tidak semua konten berisi hal positif, bahkan banyak di antaranya yang mengandung berita palsu/ hoax . Jika Anda tertarik pada satu bidang informasi, maka gali sebanyak-banyaknya. Itu merupakan potensi yang suatu hari bisa Anda bagikan ke orang lain.

 

 

 

5. Kenali diri sendiri

 

Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat Anda bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan anda; dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur ​​dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan Anda.

In reply to OKTIVA WULANDARI

Re: Langkah langkah menganali potensi diri

by Mahardika Putri Stevany -
Ijin menambahkan..
Cara mengenali potensi diri dengan benar baik secara psikologi maupun non-psikologi antara lain:
1. Kenali Aktivitas Favorit
2. Cari Tahu Kepandaian Anda
3. Bertanya Pada Orang Lain
4. Kenali Potensi Dominan
5. Jangan Takut Berbeda
6. Menghargai Diri Sendiri
7. Dengarkan Orang Lain (bukan dalam hal yang negatif)
8. Lakukan Apapun
9. Hal yang Dibicarakan
10. Hal yang Paling Anda Ketahui
11. Tingkat Kreatifitas Tinggi
12. Introspeksi
13. Berpandangan Luas
14. Konsultasi
15. Minta Bantuan Lembaga/Psikolog
(https://dosenpsikologi.com/cara-mengenali-potensi-diri)