Forum Diskusi Modul Tematik

Pola hidup sehat

Pola hidup sehat

by OKTIVA WULANDARI -
Number of replies: 5

Perilaku Hidup Bersih da Sehat adalah bentuk perwujudan orientasi hidup sehat dalam

budaya peroranga, keluarga, dan masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan,

memelihara, dan melindungi kesehatannya secara fisik, mental, spritual, maupun sosial.

Perilaku hidup bersih dan sehat bertujuan memberikan pengalaman belajar atau

menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, kelompok, keluarga, dengan membuka jalur

komunikasi, informasi, dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, serta perilaku

sehingga masyarakat sadar, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan

sehat. Melalui pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan diharapkan masyarakat dapat

mengenali dan mengatasi masalah sendiri dan dapat mengenali dan mengatasi masalah

sendiri dan dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dengan menjaga, memelihara dan

meningkatkan kesehatannya (Notoadmojo S, 2007

In reply to OKTIVA WULANDARI

Re: Pola hidup sehat

by DINDA LEONI PUTRI -
Yang dimaksud dengan pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memerhatikan semua aspek kondisi kesehatan seseorang. Tak hanya soal makanan, tapi juga kebiasaan orang itu dalam berolahraga dan menjalani gaya hidup.
In reply to DINDA LEONI PUTRI

Re: Pola hidup sehat

by EMILIA SEPTINA -
kebermanfaatan pola hidup sehat dan kesehatan
lingkungan pada area-area tersebut.
1. Sekolah
Manfaat menerapkan pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan di sekolah mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sehingga dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar para siswa, guru serta masyarakat di sekitar lingkungan sekolah tersebut.
2. Tempat Kerja
Manfaat yang diperoleh dengan menerapkan pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan di tempat kerja, yaitu, para pekerja mampu menjaga dan meningkatkan
3. Keluarga, Rumah Tangga, atau tempat tinggal lainnya seperti panti/balai/LKSA dan
tempat pengasuhan anak lain
Manfaat menerapkan dan mempraktikkan pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan di rumah tangga termasuk di tempat pengasuhan anak lainnya antara lain, setiap anggota keluarga tidak mudah terkena penyakit, dapat meningkatkan kesejahteraan dikarenakan produktivitas anggota keluarga juga meningkat. Selain itu, dengan menerapkan pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan secara konsisten akan menciptakan budaya hidup bersih dan sehat dalam keluarga.
4. Masyarakat
Dapat meningkatan kesehatan masyarakat
In reply to OKTIVA WULANDARI

Re: Pola hidup sehat

by Ghazi Abhyasa Athar -
1. Makan makanan Sehat dan bergizi seimbang
Yang pertama kita harus makan makanan yang sehat dan bergizi.Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang akan mebuat tubuh kita menjadi sehat.
2. Mengatur waktu makan atau Makan yang teratur
Kemudian kita perlu untuk mengatur waktu makan kita,agar teratur.Jadi kita harus bikin jadwal untuk setiap waktu makan kita.Misalnya,untuk makan pagi kamu biasanya makan jam 6 pagi,maka seterusnya kamu harus sarapan pada jam 6 tepat,tidak boleh telat ataupun kurang dari jam 6.Karena Tubuh kita akan menerima makanan dengan baik pada waktu kita sarapan biasanya.
3. Istirahat atau Tidur yang cukup
Lalu ada Istirahat atau tidur yang cukup,Hal ini membuat tubuh kita lebih fit atau lebih sehat.Karena kita bisa mendapatkan energi dan tenaga yang cukup untuk melakukan kegiatan seharian.
4. Olahraga secara teratur
Yang keempat yaitu Olahraga Secara Teratur.Disini Tubuh kita akan merasa lebih segar dan bugar, karena dengan kita berolahraga kita akan lebih aktif bergerak yang kemudian dapat membakar kalori didalam tubuh.
5. Hindari Stres
Kita harus sebisa mungkin untuk menghindari stres.Karena stres dapat menurunkan daya tahan tubuh kita,sehingga tubuh kita akan lemah dan gampang terserang penyakit.
6. Mendapatkan Asupan Vitamin yang cukup
Kemudian setelah itu kita butuh asupan vitamin yang cukup untuk menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang oleh penyakit.
7. Banyak Minum Air Putih
Salah satu hal yang paling penting dan paling mudah dilakukan dalam pola hidup sehat yaitu minum air putih yang cukup,Minimal 8 kali sehari.Fungsinya ialah agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.
8. Mengurangi konsumsi Gula
Mungkin ini sedikit sulit untuk dilakukan karena setiap minuman yang kita konsumsi 90% mengandung gula.Kita boleh mengonsumsi gula tapi tidak boleh terlalu sering atau terlalu banyak karena salah satu dampaknya dapat menyebabkan penyakit diabetes.
9. Tidak merokok
Dalam pola hidup sehat kita sangat dilarang merokok,karena merokok dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit dalam tubuh kita.
10. Tetap memperhatikan dan menjaga Kebersihan lingkungan
Dengan kondisi lingkungan yang bersih,hal ini mendukung untuk pola hidup sehat.karena jika lingkungan tidak bersih sudah dipastikan banyak kuman sehingga menyebabkan penyakit.
In reply to Ghazi Abhyasa Athar

Re: Pola hidup sehat

by DIKY RIANSYAH -
Pola hidup sehat adalah suatu gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kesehatan. Aspek tersebut antara lain makanan dan minuman yang dikonsumsi, berolahraga secara teratur dan memiliki tidur atau istirahat yang cukup. Tujuan dari pola hidup sehat adalah untuk menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani
In reply to OKTIVA WULANDARI

Re: Pola hidup sehat

by MARIAM INTAN JUWITA -
Menurut WHO, pola hidup sehat adalah cara hidup yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit. Tidak semua penyakit dapat dicegah, namun dengan menerapkan pola hidup sehat dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kritis.