Forum Diskusi 3: Perencanaan Proyek

Perencanaan proyek yang berkelanjutan

Perencanaan proyek yang berkelanjutan

by YOSIA OCTAFREIRA IYANDRAPUTRA -
Number of replies: 3

Suatu proyek tidak bisa dilaksanakan tanpa persiapan dan perencanaan yang matang. Terlebih lagi dalam konteks proyek sosial, perencanaan proyek harus mencakup berbagai aspek yang menjadi faktor utama dalam realisasinya. Suatu proyek sosial baiknya dirancang untuk bisa berkelanjutan (sustainable) sehingga dampak dari proyek tersebut tidak hanya berjangka pendek namun bisa dirasakan secara berkelanjutan dan dapat diteruskan oleh para penerima manfaat.
Silakan memberikan tanggapan jika berkenan. 

In reply to YOSIA OCTAFREIRA IYANDRAPUTRA

Re: Perencanaan proyek yang berkelanjutan

by AYU MARIAM NUR CHOIROH -
Saya setuju dengan pendapat saudari Yosia, dalam melakukan perencanaan proyek memang sebaiknya harus berkelanjutan agar output dan outcome dari pelaksanaan proyek tidak hanya dapat dirasakan pada rentan satu waktu saja, namun proyek yang berkelanjutan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendorong masyarakat agar mandiri melalui pemberdayaan masyarakat.
In reply to YOSIA OCTAFREIRA IYANDRAPUTRA

Re: Perencanaan proyek yang berkelanjutan

by AYU TIPA USWATUN -
saya juga setuju dengan pendapat Yosia maupun Ayu Mariam bahwa dalam membuat perencanaan proyek harus memperhatian keberlanjutan. Dimana keberlanjutan ini dapat berupa kemandirian masyarakat dalam melakukan pengelolaan.
In reply to YOSIA OCTAFREIRA IYANDRAPUTRA

Re: Perencanaan proyek yang berkelanjutan

by NURIN SHABRINA -
Saya setuju dengan pendapat teman - teman saya yang telah mengutarakan pendapatnya.
Suatu proyek bisa dikatakan berhasil atau mencapai tujuan jika proyek tersebut terjadi secara berkelanjutan.
Seperti halnya dalam Progam Pejuang Muda, kita diharapkan mampu untuk membuat proyek di wilayah masing - masing. Jadi sebisa mungkin kita juga harus memikirkan terkait langkah apa yang harus kita lakukan kedepannya.
Ketika progam kita telah selesai, kita harus tahu proyek kita dialihkan kepada siapa, misalnya kita bekerjasama dengan sebuah komunitas. Jika bekerjasama dengan komunitas, mungkin sudah jelas nantinya ada penanggungjawabnya selain Tim Pejuang Muda dan bisa berkelanjutan nantinya.