Forum Diskusi 7: Manajemen Sumber Daya

Menganalisa Pekerjaan Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Menganalisa Pekerjaan Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

by DWI NURHAYATI -
Number of replies: 1

Manajemen sumber daya manusia atau disingkat MSDM, adalah pemanfaatan sejumlah individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dan lain-lain.

Salah satu tugas manajer SDM adalah untuk menganalisis pekerjaan yang berkaitan dengan sistematika rekrutmen dan pengendalian serta evaluasi kinerja karyawan. Hal-hal yang diperhatikan dalam analisis pekerjaan diantaranya termasuk menentukan tugas, kewajiban, dan tanggung jawab bagi karyawan untuk setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Hal-hal yang menjadi cakupan analisis pekerjaan diantaranya adalah analisis jenis pekerjaan, analisis kualifikasi pekerja, analisis perhitungan beban kerja, analisis penempatan pekerja, hingga analisis dalam menentukan standar kualitas pekerjaan.

 

Berikanlah manfaat serta jenis dari analisis pekerjaan pada Manajemen SDM!

In reply to DWI NURHAYATI

Re: Menganalisa Pekerjaan Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

by RINA AJIZAH -
izin menjawab, Manfaat dari analisis pekerjaan adalah membentuk sumber daya manusia yang andal dan kompeten dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih seiring berjalannya waktu. Analisis pekerjaan juga berguna sebagai pondasi dalam menentukan struktur gaji yang wajar sesuai dengan beban kerja, posisi, serta kualitas kinerja yang dikontribusikan karyawan kepada perusahaan.

Selain itu, analisis pekerjaan juga berfungsi untuk merencanakan kebutuhan SDM dengan menganalisis kebutuhan skill yang dibutuhkan perusahaan. Lewat hasil analisis itulah akan dilaksanakan kegiatan pelatihan karyawan baik untuk melatih karyawan baru maupun meningkatkan keterampilan karyawan lama, analisis pekerjaan pun juga bermanfaat dalam mengatur dan memperbaiki metode kerja agar para karyawan dapat menyelesaikan tugasnya seefektif dan seefisien mungkin sehingga mempercepat tercapainya tujuan perusahaan.

Jenis Analisis Pekerjaan
1. Model Konvensional
Analisis model konvensional atau tradisional ini lebih berfokus pada pencarian informasi dari aspek-aspek berikut, yakni:
-Aspek pertanggungjawaban setiap divisi perusahaan,
-Aspek pembinaan dan pelaksanaan kegiatan operasional perusahan berikut kendala yang dihadapi,
-Aspek yang menyangkut kewajiban umum personel atas posisi yang dipegangnya, dan
-Aspek kualifikasi minimum yang diterima sebagai kualifikasi.

2. Model Modern
Berbeda dengan model konvensional, analisis model modern tidak berfokus pada perencanaan berorientasi anggaran, tetapi lebih berorientasi pada hasil. Kendati demikian, analisis model modern tetap berpengaruh pada peningkatan produktivitas, misalnya melalui pemanfaatan komputer, penggunaan wifi, dan pemakaian aplikasi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas kinerja karyawan.