Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan Pengembangan Diri

by MURNI KRISTIANI -
Number of replies: 0

TUJUAN PENGEMBANGAN DIRI

1. Tujuan Utama Adalah Meningkatkan Kualitas Diri

Banyak dari generasi muda sekarang yang merasa dirinya tidak bernilai. Alasannya cukup sederhana, ya, selama ini kita lebih memilih kesenangan sesaat daripada memikirkan masa depan. Pengembangan diri dilakukan dengan memaksimalkan potensi. Jelas saja hal ini akan membantu kita menemukan nilai dalam diri sendiri. Artinya seiring waktu kita akan menyadari kualitas diri yang semakin meningkat. 

2. Menyadari Kelebihan dan Kekurangan Pada Diri Sendiri

Ini tentang kesadaran diri. Artinya kita perlu menyadari apa yang benar-benar menjadi kelebihan dan apa yang menjadi kekurangan. Dan seperti yang sudah-sudah dikatakan, mengetahui kekurangan atau kesalahan kita sendiri akan membantu kita mengetahui mana yang harus diperbaiki. Selain itu, mengenali kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri juga membantu kita untuk mencintai diri sendiri. Dengan begitu, kita lebih percaya diri untuk berdiri di atas kaki sendiri. 

3. Memberi Kita Kejelasan

Jika kamu inginkan kejelasan dalam hidup, lakukan pengembangan diri. Sebab saat kamu sudah merasakan pertumbuhan pada dirimu sendiri, secara otomatis kamu memiliki keberanian untuk menghilangkan segala hal yang menghalanginya.

4. Memanfaatkan Waktu Dengan Efektif

Setelah pengembangan diri memberikan kita kejelasan dalam hidup, dan setelah kamu merasa lebih terarah dalam melangkah, maka secara otomatis kamu akan mendapati banyak tugas atau jadwal-jadwal penting setiap harinya. Disinilah kita mulai belajar untuk fokus pada prioritas. 

5. Tak Pernah Kehabisan Motivasi

Saat kita dalam kondisi yang berantakan, motivasi saja tidak cukup kuat untuk membangkitkan. Dalam arti, meskipun dihadapkan pada situasi yang berat, kamu tetap menghadapinya jika memang hanya jalan itu yang akan membuatmu lebih berkembang. Dan pada akhirnya kamu pun menyadari bahwa pengembangan diri membutuhkan proses yang panjang. Ini sebuah perjalanan yang berkelanjutan dari satu terminal ke terminal lainnya. Disinilah kita mulai memahami kebenaran dari sebuah tujuan. Bahwa impian adalah terminal terakhir setelah kita berhasil melewati berbagai macam ujian.

6. Memiliki Pertahanan Diri yang Kokoh

Pengembangan diri mungkin tidak mengubah kita menjadi manusia super. Tetapi setidaknya kita menjadi lebih kokoh sebab memiliki pertahanan diri dari dalam. Akan datang masa-masa sulit. Percayalah. Tapi tak apa, biarkan hal itu terjadi sebab dari sanalah kita menjadi lebih kuat lagi. Meskipun setiap harinya kita membicarakan hal positif, mendengarkan hal positif hingga melakukan segala hal positif, tidak berarti semuanya akan berjalan mulus.