Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Potensi Wirausaha Sosial

Potensi Wirausaha Sosial

by RIDHA FATIHAH -
Number of replies: 3

Apa saja potensi yang ditemui setelah melakukan asesmen dilapangan? Apa saja yang bisa kita jadikan inspirasi untuk berwirausha sosial?

In reply to RIDHA FATIHAH

Re: Potensi Wirausaha Sosial

by RESTI LESTARI -
Banyak sekali potensi yang bisa kita lakukan untuk berwirausaha sosial . Disetiap daerah memiliki peotensi-potensi tersendiri. Mulai dari pembuatan kerajinan dari lidi, anyaman dari bambu, kerajinan tangan berupa sovenir yang ebrasal dari sumber daya alam yang ada di sekitar pemukiman seperti membuat gantungan kunci dari biji karet, membuat miniatur angklung dari bambu kecil. Selain itu kita juga bisa membuat pelatihan untuk memberikan keahlian kepada masyarakat yang membutuhkan lapangan kerja sehingga nantinya ketika sudah berjalan dibentuk organisasi mulai dari penyiapan bahan, pembuatan prodak, pemasaran prodak baik itu bersekala lokal, nasional maupun internasional.
In reply to RESTI LESTARI

Re: Potensi Wirausaha Sosial

by RIZQI FAZRIYAH -
setiap daerah memiliki potensi sendiri-sendiri yang apabila dikembangkan bisa membantu perekonomian masyarakat setempat. seperti di Kabupaten Magetan potensi yang dimiliki sangat banyak sekali mulai dari paiwisata, pemanfaatan sumber daya alam dan pengembangan sumber daya manusia. potensi pariwisata dapat dilihat dari geografis kabupaten yang memiliki banyak pegunungan dengan pemandangan yang bagus sehingga memiliki daya jual. salah satu tempat yang memilliki daya jual adalah kecamatan poncol. sedangkan dari sumber daya alamnya, tanah di kabupaten magetan bisa digunakan sebagai batu bata dan genteng, hasil kayu dari pegunungan juga bisa dibuat produksi meja, kursi, almari dan perabotan lain yang berbahaan dasar kayu. untuk pengembangan potensi sumber daya manusia bisa kita adakan pelatihan membuat kerajinan tas plastik agar ibu-ibu bisa memiliki usaha sampingan.
In reply to RIDHA FATIHAH

Re: Potensi Wirausaha Sosial

by SITTI RAHMAWATI -
potensi wilayah indonesia sangat beragam. Dengan adanya keragaman alam dapat dimanfaatkan sebagai suatu ide inovatif sehigga wilayah/desa tersebut dapat berkembang melalui kegiatan wirausaha sosial yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakata dan megatasi masalah sosial yang ada