Forum Diskusi 6: Mitigasi dan Pengawasan

Manfaat Mitigasi dan pengawasan

Manfaat Mitigasi dan pengawasan

by RIDHA FATIHAH -
Number of replies: 3

Apa saja manfaat mitigasi dan pengawasan?

In reply to RIDHA FATIHAH

Re: Manfaat Mitigasi dan pengawasan

by RESTI LESTARI -
Manfaat mitigasi bagi pelaksanaan projects sosial berupa pembangunan fasilitas umum seperti jembatan, jalan dan lain-lain yaitu Mengurangi resiko bencana bagi penduduk dalam bentuk korban jiwa, kerugian ekonomi dan kerusakan sumber daya alam termasuk kerusakan bangunan;
Menjadi landasan perencanaan pembangunan agar nantinya bangunan yang di bangun dapat bertahan lama dan menjauhi daerah yang rawan bencana seperti longsor, banjir dll.
Meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menghadapi serta mengurangi dampak dan resiko bencana sehingga masyarakat dapat hidup aman jauh dari ancaman baik dari alam maupun kerusuhan.
Pengawasan memiliki manfaat dalam pelaksanaan projects sosial untuk menghindari kemungkinan terjadinya penyelewengan atau penyimpangan dalam pengelolaannya, baik yang bersifat anggaran (budgeting) ataupun proses (prosedur) dan kewenangan (authority).
In reply to RIDHA FATIHAH

Re: Manfaat Mitigasi dan pengawasan

by GRACE IVONY BR GINTING -
Manfaat mitigasi adalah mengurangi atau meminimalkan dampak buruk dari ancaman
Manfaat pencegahan adalah menghilangkan ancaman

Misalnya dalam kasus bencana, maka dilakukan:
1. Pencegahan yaitu ketika ada ancaman-ancaman yang bisa dihilangkan sehingga bencana bisa dicegah. Nah, upaya menghilangkan ancaman itu disebut pencegahan.
2. Mitigasi yaitu ketika ada ancaman-ancaman yang tidak bisa dihilangkan dan hanya bisa dikurangi kekuatan dan daya rusaknya sehingga dampak bencana dapat dikurangi. Nah, upaya mengurangi ancaman itu yang disebut sebagai mitigasi.
In reply to RIDHA FATIHAH

Re: Manfaat Mitigasi dan pengawasan

by DIMAS FEBRIANTO -
Mitigasi bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah risiko-risiko yang dapat menyebabkan kerugian, hal ini harus dibarengi dengan pengawasan untuk mendukung jalannya mitigasi tersebut.