Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Menyatukan Pemikiran dalam kerja kelompok

Menyatukan Pemikiran dalam kerja kelompok

by Mohamad Rizal Yulianto -
Number of replies: 1

apakah mudah untuk menyatukan pemikiran, kerja kelompok pada dasarnya adalah untuk mencari kemudahan dalam pembagian tugas

In reply to Mohamad Rizal Yulianto

Re: Menyatukan Pemikiran dalam kerja kelompok

by ANWAR SANUSI -
Mengutip Wibowo, Agung (2015) dalam Cara ‘Menyatukan’ Individu dengan Karakter yang Berbeda, Menyatukan individu dengan karakter yang berbeda tidak mudah dilakukan. Butuh komitmen yang tinggi dari yang terlibat, dan terkadang butuh bantuan dari pihak ketiga yang dipercaya oleh keduanya. Orang ketiga tersebut bisa rekan kerja yang dipercaya, bisa juga atasan langsung dari individu tersebut.
Perbedaan karakter menjadi salah satu tantangan terbesar bagi setiap individu dalam suatu organisasi. Benturan antara 2 karakter atau lebih yang berbeda bisa membuat kerjasama yang seharusnya terjalin dengan baik menjadi terganggu. Apalagi jika individu yang terlibat didalamnya cenderung berkarakter keras dan tidak mau mengalah. Rencana yang seharusnya berjalan tentu saja akan terhambat karena tidak ditemukan kata sepakat.
Individu dengan karakter yang berbeda sebenarnya aset yang penting dalam suatu organisasi. Mereka bisa saling melengkapi satu sama lain, bekerja sama dan saling mendukung. Jika bisa “menyatukan” individu dalam organisasi dengan karakter yang berbeda, suatu organisasi akan tumbuh dan berkembang dengan cepat, karena kontribusi yang tinggi dari setiap individu didalamnya.