Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pemetaan atau Pemahaman, mana yang lebih penting?

Pemetaan atau Pemahaman, mana yang lebih penting?

by FARID QUROTA AYUN -
Number of replies: 4

memetakan sosial memang penting namun yang lebih penting adalah memahami kondisi sosial warga masyarakat yang menjadi target projek sosial. kita kadang kadang terlalu fokusuntuk memetakan tanpa memahami kondisi lapangan, akhirnya berakibat pada berkurangnya kadar ketepat gunaan projek. kita kadang lebih memilih mana yang lebih berpoteensi bukan mana yang sudah tidak bisa ditoleransi, contohnya adalah lebih memilih usaha warga seperti keripik atau batu bata namun mengabaikan wwarga yang masih kesusahan mendapatkan air bersih dan fasilitas kamar mandi walau dengan alasan program yang sustainable.

In reply to FARID QUROTA AYUN

Re: Pemetaan atau Pemahaman, mana yang lebih penting?

by HANIFA MARTOGI CHAIRUNNISAA SIAHAAN -
Saya setuju pada beberapa hal, namun ada yang saya juga tidak setuju. Pemetaan masalah sosial itu ada indikatornya. Ada tabel yang dibentuk dan nilai-nilai yang harus ditentukan. Yang mana yang penting dan mungkin bisa dilakukan lebih baik. Ada teknik teknik dalam pemetaan masalah sosial.

Mengenai mendapatkan air bersih dan fasilitas kamar mandi, juga bisa dilakukan dengan gotong royong dengan warga di luar program. Program yang sustainable memang lebih baik dikerjakan agar memiliki dampak yang meluas.
In reply to FARID QUROTA AYUN

Re: Pemetaan atau Pemahaman, mana yang lebih penting?

by Rosa Diwanegara -
pemetaan sosial dengan pemahaman adalah suatu hal yang beriringan, ketika kita ingin memetakan permasalahan sebaiknya kita memahami terlebih dahulu masalah apa yang terjadi di masyarakat
In reply to FARID QUROTA AYUN

Re: Pemetaan atau Pemahaman, mana yang lebih penting?

by TAUFIQ MAULANA -
Dalam pengertian pemetaan sosial "Pemetaan Sosial adalah satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. Pemetaan sosial yang dilakukan untuk menemukenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Pemetaan sosial juga dapat didefinisikan sebagai proses identifkasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik sekunder maupun langsung (primer) mengenai kondisi masyarakat dalam satu wilayah tertentu." Dari sini justru pemetaan sosial itu berfungsi untuk memahami kondisi lapangan dan ketepatgunaan projek. Jadi saya rasa pernyataan anda diatas masih kurang tepat.
In reply to FARID QUROTA AYUN

Re: Pemetaan atau Pemahaman, mana yang lebih penting?

by WAHYU NURLAILA AWALIYAH -
Saya rasa dengan melakukan pemetaan, justru bisa memudahkan dalam pemahaman kondisi masyarakat. Yang perlu ditelaah dan ditentukan dengan tepat adalah indikator yang digunakan dalam melakukan pemetaan sosial ini. Karena indikator-indikator tersebut yang akan memperjelas kondisi nyatanya