Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Kewirausahaan Sosial

Kewirausahaan Sosial

by ACHMAD FAJRUL FALAH -
Number of replies: 0

Kewirausahaan adalah proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan menemukan peluang yang dihadapi setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan melalui pemikiran kreatif dan tindakan inovatif untuk menciptakan peluang. Wirausahawan dalam menjalankan usahanya tidak lepas dari modal. Modal tidak identik dengan uang atau barang (tangible). Sebuah ide sudah termasuk modal luar biasa karena ide merupakan modal utama yang akan membentuk dan mendukung modal lainnya. Beberapa modal yang termasuk dalam modal tidak berwujud antara lain:

  1. Modal Intelektual. Modal intelektual didefinisikan sebagai kombinasi dari sumber daya tidak berwujud dan aktivitas yang memungkinkan organisasi untuk mengubah sekumpulan sumber daya material, keuangan, dan manusia menjadi kemampuan sistem untuk menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan.
  2. Modal Sosial dan Moral. Modal sosial dan moral yang bisa disebut integritas adalah hal penting yang membentuk citra kepribadian Anda sebagai seorang wirausaha. Saat menjalankan bisnis, ada etika kewirausahaan yang tidak boleh dilanggar.
  3. Modal Jiwa. Mental entrepreneurship harus ditanamkan sejak dini. Karena modal mental adalah kesiapan sejak dini yang kemudian diwujudkan dalam bentuk keberanian menghadapi resiko dan tantangan.