Forum Diskusi 2: Komunikasi

Hambatan Saat Berkomunikasi Dengan Masyarakat

Hambatan Saat Berkomunikasi Dengan Masyarakat

by Vitri Nurhidayah -
Number of replies: 3

Komunikasi merupakan unsur penting untuk meningkatkan motivasi seseorang dalam bekerja. Komunikasi yang baik dapat mempengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja. Dan komunikasi yang buruk juga dapat berdampak pada motivasi kerja seseorang, serta menimbulkan konflik dalam perusahaan. Jadi saat kita berkomunikasi dengan orang baru, masyarakat awam sangat membutuhkan teknik komunikasi dengan benar dan salah satu untuk menghindari terjadinya ketidakpahaman dan masalah dalam berkomunikasi dengan masyarakat luas, kia juga harus atu apa saja sih hambatan yang sering terjadi saat berkomunikasi dengan masyarakat yang baru kita jumpai. berikut hambatan komunikasi yang sering dijumpai dilapangan:

  1. Hambatan komunikasi yang berasal dari etnis, agama, dan sosial yang berbeda antara budaya yang satu dengan budaya yang lainnya.
  2. Pengalaman – Hambatan komunikasi yang disebabkan oleh pengalaman masa lalu yang dimiliki individu. Perbedaan pengalaman yang dimiliki oleh masing-masing individu dapat menyebabkan perbedaan dalam konsep serta persepsi terhadap sesuatu.
  3. Emosi – Hambatan komunikasi yang berkaitan dengan emosi atau perasaan pribadi dari pendengar. Apabila emosi pendengar sedang buruk maka hambatan komunikasi yang terjadi akan semakin besar dan sulit untuk dilalui.
  4. Bahasa – Hambatan komunikasi yang terjadi ketika pengirim pesan (sender) dan penerima pesan (receiver) menggunakan bahasa atau kata-kata yang tidak dimengerti oleh penerima pesan sehingga menimbulkan ketidaksamaan makna.
In reply to Vitri Nurhidayah

Re: Hambatan Saat Berkomunikasi Dengan Masyarakat

by FAIZAH HERMAWANTI -
Saya setuju apa yang sudah dipaparkan karena memang komunikasi adalah hal utama dalam setiap melakukan suatu apapun. Karena kalau tidak ada komunikasi maka tidak akan berjalan apapun itu. Semisal contohnya saat kita ingin menyampaikan suatu pesan maka kita tetap harus menggunakan komunikasi karena yang dimaksud komunikasi adalah penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan yang akan mendapatkan feedback