Forum Diskusi 3: Perencanaan Proyek

Elemen dalam Perencanaan Proyek

Elemen dalam Perencanaan Proyek

by ULFA RAHMAWATI -
Number of replies: 0

 Manajemen proyek merupakan kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Manajemen proyek merupakan suatu bentuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan, skills dan tools untuk memenuhi harapan dari proyek yang akan dirancang. Terdapat 3 elemen penting dalam manajemen proyek antara lain :

 
1. Manajer Proyek, elemen paling penting dalam manajemen proyek adalah manajer proyek. Manajer proyek adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengarahkan, dan mengintegrasikan usaha kerja dari anggota untuk mencapai tujuan proyek.  
2. Tim proyek, tim proyek merupakan kumpulan orang yang biasanya berasal dari area fungsional yang berbeda yang saling bekerjasama dengan tujuan untuk menyelesaikan pekerjaan proyek.
3. Sistem Manajemen Proyek, manajer proyek dan tim proyek harus ada dan digunakan sebagai alat bantu dalam sebuah sistem manajemen proyek. Sistem manajemen proyek dibuat berdasarkan struktur organisasi dan proses informasi yang mengintegrasikan elemen dari organisasi proyek secara vertikal meliputi pemecahan tugas dalam proyek dan secara horizontal meliputi unit fungsionaldan departemen yang terlibat dalam proyek