Forum Diskusi 7: Manajemen Sumber Daya

Pengertian manajemen sumber daya manusia

Pengertian manajemen sumber daya manusia

by Sukma Wahyu Cahyani -
Number of replies: 2

Pengertian manajemen SDM adalah proses dan upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi, serta melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu untuk mengatur hubungan dan peran tenaga kerja secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan perusahaan.

Penerapannya secara nyata meliputi implementasi perencanaan, penyusunan karyawan, pengelolaan karir, pengembangan karyawan, evaluasi kinerja, dan hubungan ketenagakerjaan. Pada dasarnya, manajemen SDM melibatkan kebijakan dan keputusan yang berpengaruh terhadap karyawan atau tenaga kerja.

In reply to Sukma Wahyu Cahyani

Re: Pengertian manajemen sumber daya manusia

by FEBRIAN ADAM SAMIR -
Adapun upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah sebagai berikut :
Pelatihan atau Training.
Pendidikan.
Pembinaan.
Recruitment.
Kesempatan.
Penghargaan.
In reply to FEBRIAN ADAM SAMIR

Re: Pengertian manajemen sumber daya manusia

by MUHAMMAD IMRAN -
Saya setuju dengan dua pendapat diatas. Saya juga ingin menambahkan sedikit mengenai definisi manajemen sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.