Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Peran Kerja Kelompok dalam Sebuah Tim

Peran Kerja Kelompok dalam Sebuah Tim

by FAHTIA NUR HANIFAH -
Number of replies: 1

Kerja tim atau yang sering kita kenal sebagai teamwork didefinisikan sebagai kegiatan yang dikelola dan dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu organisasi dengan kemampuan yang beragam namun memiliki komitmen yang sama terhadap tujuan, ukuran kinerja tanggung jawab dan pendekatan yang sama (LIPI, 2019). Kemampuan seperti apakah yang dibutuhkan untuk mewujudkan kerja tim yang efektif? Hal yang paling penting dalam strategi teamwork berdasarkan LIPI (2019) ternyata adalah komunikasi dengan lima komponen penting sebagai berikut:

1. Clear - Kalimat yang singkat, jelas dan umum sehingga mudah dipahami oleh anggota tim.

2. Concise - Isi kalimat menyentuh maksud dari pesan yang ingin disampaikan (tidak bertele-tele).

3. Complete - Memberikan seluruh fakta dengan lengkap, mencakup hal penting yang kemungkinan akan menimbulkan pertanyaan dari anggota tim.

4. Courteous - Menggunakan kalimat yang positif dan sopan.

5. Correct - Membuktikan kebenaran seluruh fakta yang disampaikan termasuk semua bilangan dan jumlah.

6. Concrete - Memberikan contoh detail yang konkrit dan dilengkapi dengan ilustrasi yang mendukung penjelasan.

Selain proses komunikasi yang baik seperti tersebut diatas, perlu juga diperhatikan karakter masing-masing personil dalam suatu tim atau organisasi. Kerja tim yang efektif dapat terwujud dengan adanya pembinaan hubungan kerja, baik hubungan kerja secara horizontal (antar pegawai) maupun vertikal (antara pimpinan dengan bawahan) dengan memperhatikan keragaman karakter individu (Sandra, 2007). Pembinaan hubungan kerja tersebut dapat dilakukan oleh pihak manajemen organisasi melalui berbagai macam tools, salah satunya adalah Team Management Index (TMI). Penggunaan TMI ini menghasilkan beberapa gambaran yang mengarah pada empat langkah yang efektif dalam membangun teamwork yaitu:

1. Membentuk tim yang tepat

Langkah pertama ini sangat krusial karena pemilihan personil yang tepat dalam sebuah tim menentukan keberhasilan pelaksanaan kerja tim itu sendiri. Dalam hal ini terkait dengan kepribadian, kompetensi masing-masing personil yang akan disatukan dalam satu tim. Komposisi personil harus mempertimbangkan tingkat kematangan emosional anggota tim agar konflik dapat teratasi secara professional.

2. Menetapkan tujuan dengan tepat

Penetapan tujuan disini dilakukan mulai dari tahap pemberian arahan oleh ketua tim atau leader kepada anggota tim dengan mempertimbangkan kekuatan individu masing-masing dan latar belakang kinerjanya. Sebagai leader, arahan yang diberikan harus jelas sehingga anggota tim dapat memahami tujuan dengan baik sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan secara efektif dan efisien.

3. Menerapkan akuntabilitas tim

Cara ini dinilai efektif dalam hal meningkatkan produktifitas suatu tim dengan selalu membuat pertanggungjawaban atas setiap kegiatan individu dalam tim. Penerapan prinsip akuntabilitas ini memastikan setiap anggota tim mendapatkan tugas dan berkontribusi secara adil sesuai dengan beban kerja dan tenggat waktu yang direncanakan.

4. Membina dukungan antar anggota tim

Dalam sebuah tim, peran leader diperlukan untuk menggerakkan dinamika tim yang mengarah pada peningkatan produktifitas dan kualitas pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri akan adanya konflik dalam pelaksanaannya, namun dengan kemampuan leader yang baik akan mampu mengendalikan situasi kerja yang kondusif antar anggota demi tercapainya tujuan tim.

In reply to FAHTIA NUR HANIFAH

Re: Peran Kerja Kelompok dalam Sebuah Tim

by Nuria Dwi Anggarwati -
luar biasa kak, saya sangat setuju dengan apa yang kaka fahtia ungkapkan