Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Pentingnya Teamwork dalam Melaksanakan Program

Pentingnya Teamwork dalam Melaksanakan Program

by RISKA MILENIA JULIANTI -
Number of replies: 1

Banyak pengertian secara teori mengenai teamwork, yang bisa didapatkan di buku-buku manajemen. Tapi, pada dasarnya teamwork adalah kerjasama yang dilakukan sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang sama.

Teamwork mampu membuat pekerjaan sesulit apapun menjadi lebih ringan untuk dikerjakan. Hal ini karena masing-masing anggota tim dapat bekerja saling melengkapi kekurangan dan kelebihan satu sama lain.

Setiap individu dalam suatu perusahaan pasti memiliki kekuatan dan kelemahannya. Saat bekerja sendiri, kelemahan mereka bisa menghambat pencapaian target perusahaan. Itulah sebabnya membangun teamwork itu penting bila perusahaan ingin mendapatkan hasil maksimal. Sebab dengan teamwork, semua kelemahan yang dimiliki masing-masing individu bisa ter-cover oleh kelebihan yang dimiliki individu lainnya.

Selain itu, tidak mungkin seseorang dapat mengerjakan semua pekerjaan sekaligus. Ada orang yang lebih ahli mengurus keuangan, ada juga mereka yang memiliki skill di bidang komunikasi, atau juga orang-orang yang memiliki kemampuan persuasif tinggi, sehingga cocok untuk memasarkan barang dan jasa. Dengan memaksimalkan potensi masing-masing orang, maka pekerjaan pun dapat lebih cepat selesai dengan hasil yang baik. Itulah sebabnya membangun teamwork itu penting dilakukan.