Forum Diskusi Modul Tematik

Pemberdayaan Fakir Miskin Melalui KUBE FM

Pemberdayaan Fakir Miskin Melalui KUBE FM

by RISKA MILENIA JULIANTI -
Number of replies: 3

Kemiskinan dapat dikonotasikan sebagai suatu kondisi ketidakmampuan baik secara individu, keluarga, maupun kelompok, sehingga rentan terhadap timbulnya permasalahan lain. Dalam upaya penanggulangan kemiskinan, pada 2008 Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat telah merancang Kelompok Program Penanggulangan Kemiskinan, yang terdiri dari tiga kluster, dimana salah satunya adalah kluster program pemberdayaan masyarakat. Wujud dari program-program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat sebenarnya sudah ada sejak dulu, salah satunya adalah diterapkannya kebijakan pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Permasalahan utama pemberdayaan fakir miskin adalah rendahnya kapasitas atau kemampuan yang dimiliki masyarakat sehingga memerlukan berbagai dukungan baik sumberdaya, kesempatan, keahlian, dan pengetahuan. Oleh karenanya dalam pembentukan KUBE selalu disertakan kegiatan bimbingan sosial, pelatihan keterampilan, dan pemberian stimulus baik berupa bahan/alat untuk usaha ataupun bantuan dana/ modal.

Program Kesejateraan Sosial (Prokesos) menggunakan pendekatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang dilandasi pertimbangan akan kenyataan berbagai keterbatasan yang melekat pada perorangan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Penanganan secara kelompok dimaksudkan juga guna menumbuh-kembangkan semangat kebersamaan dalam upaya peningkatan taraf kesejahteraan sosial melalui pelatihan keterampilan berusaha, pemberian bantuan stimulan sebagai modal kerja, dan pendampingan. Langkah/kegiatan pokok pembentukan KUBE untuk sasaran PMKS lainnya adalah sebagai berikut:

1) Pelatihan keterampilan berusaha, dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan praktis berusaha yang disesuaikan dengan minat dan ketrampilan PMKS serta kondisi wilayah, termasuk kemungkinan pemasaran dan pengembangan basil usahanya. Nilai tambah lain dari pelatihan adalah tumbuhnya rasa percaya diri dan harga diri PMKS untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dan memperbaiki kondisi kehidupannya;

2) Pemberian bantuan stimulan sebagai modal kerja atau berusaha yang disesuaikan dengan keterampilan PMKS dan kondisi setempat. Bantuan ini merupakan hibah (bukan pinjaman atau kredit) akan tetapi diharapkan bagi PMKS penerima bantuan untuk mengembangkan dan menggulirkan kepada warga masyarakat lain yang perlu dibantu;

3) Pendampingan, mempunyai peran sangat penting bagi berhasil dan berkembangnya KUBE, mengingat sebagian besar PMKS merupakan kelompok yang paling miskin dan penduduk miskin. Secara fungsional pendampingan dilaksanakan oleh Petugas Sosial Kecamatan yang dibantu oleh infrastruktur kesejahteraan sosial di daerah seperti Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat, Organisasi Sosial, dan Wanita Pemimpin Usaha Kesejahteraan Sosial.

Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (KUBE FM) adalah himpunan dari keluarga yang tergolong fakir miskin dengan keinginan dan kesepakatan bersama membentuk suatu wadah kegiatan, tubuh dan berkembang atas dasar prakarsa sendiri, saling berinteraksi antar satu dengan yang lain, dan tinggal dalam satu wilayah tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas anggotanya, meningkatkan relasi sosial yang harmonis, memenuhi kebutuhan anggota, memecahkan masalah sosial yang dialaminya dan menjadi wadah pengembangan usaha bersama (Depsos RI, 2005). KUBE FM merupakan sarana untuk meningkatkan Usaha Ekonomis Produktif (khususnya dalam peningkatan pendapatan), memotivasi warga miskin untuk lebih maju secara ekonomi dan sosial, meningkatkan interaksi dan kerjasama dalam kelompok, mendayagunakan potensi dan sumber sosial ekonomi lokal, memperkuat budaya kewirausahaan, mengembangkan akses pasar dan menjalin kemitraan sosial ekonomi dengan pihak terkait. Kegiatan usaha diberikan dalam bentuk pemberian bantuan modal usaha dan sarana prasarana ekonomi.

In reply to RISKA MILENIA JULIANTI

Re: Pemberdayaan Fakir Miskin Melalui KUBE FM

by AYU TIPA USWATUN -
KUBE FM sangat memberikan banyak manfaat serta mendukung keberlangsungan usaha dengan berbagai bentuk dukungan mulai dari sumber daya, keahlian, kesempatan, dan pengetahuan. Selain itu juga melalui KUBE FM memberikan banyak peluang belajar dari kegiatan pelatihan dan banyak hal. Dalam KUBE FM juga diberikan alat/bahan produksi maupun suntikan dana. dari berbagai hal tersebut KUBE FM memberikan stimulus peningkatan kemandirian dan kesejahteraan bagi anggotanya.
In reply to AYU TIPA USWATUN

Re: Pemberdayaan Fakir Miskin Melalui KUBE FM

by AYU TIPA USWATUN -
Dengan kata lain saya setuju bahwa KUBE FM menjadi salah satu alternatif pemberdayaan Fakir Miskin
In reply to AYU TIPA USWATUN

Re: Pemberdayaan Fakir Miskin Melalui KUBE FM

by FANDIKA AGUSTIYAR -
Kelompok Usaha Bersama (KUBE) menjadi alternatif bagi pemberdayaan fakir miskin dengan dukungan yang diberikan mulai dari sumberdaya, pelatihan, hingga sumber dana dapat menjadi stimulus keberlangsungan usaha yang dijalankan sehingga menciptakan kemandirian dan kesejahteraan.