Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial

by SYIFA ASYRAFIYAH -
Number of replies: 8
Pemetaan Sosial merupakan suatu metode gambaran yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan atau kondisi di masyarakat. sehingga pada akhirnya dapat menganalisis suatu permasalahan dan dapat dicarikan suatu solusi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat tersebut. dengan pemetaan sosial yang tepat, program yang dilakukan dapat direalisasikan dengan maksimal.
In reply to SYIFA ASYRAFIYAH

Re: Pemetaan Sosial

by Annisya Nur Azizah -
Pemetaan sosial merupakan proses identifikasi karakteristik masyarakat yang dilakukan melalui pengumpulan data dan informasi baik data sekunder maupun primer. Pemetaan sosial dilakukan guna mengetahui permasalahan sosial yang ada disuatu daerah sehingga nantinya dapat dilakukan pemetaan untuk mengidentifikasi masalah dan solusi yang tepat. Sehingga nantinya, program yang akan dilakukan dapat diterapkan dengan maksimal dan akan tepat sasaran.
In reply to SYIFA ASYRAFIYAH

Re: Pemetaan Sosial

by TRANGKO PUTRA NEGARA -
Pemetaan Sosial adalah satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut.
In reply to SYIFA ASYRAFIYAH

Re: Pemetaan Sosial

by RAYHANA AISYAH -
Pemetaan sosial (social mapping) adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menemukan dan mengenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Pemetaan sosial juga dapat didefinisikan sebagai proses identifkasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik sekunder maupun langsung (primer) mengenai kondisi masyarakat dalam satu wilayah tertentu.
In reply to RAYHANA AISYAH

Re: Pemetaan Sosial

by GILANG FAJAR ROMADAN -
Pemetaan masalah adalah kegiatan mengidentifikasi masalah di suatu wilayah melalui pengumpulan data untuk menggali informasi mengenai potensi yang dapat dijadikan sasaran program untuk dikembangkan.
In reply to RAYHANA AISYAH

Re: Pemetaan Sosial

by ATHIYA SHINTA WULANDARI -
pemetaan sosial yang tepat seharusnya mencakup tiga penelitian yang saling terkait: pemetaan pemangku kepentingan, penilaian kebutuhan dan aset masyarakat, dan studi data dasar sosial. Dengan urutan sebagaimana yang saya sebutkan itu, pengetahuan perusahaan pertambangan—atau perusahaan dari sektor manapun—akan menjadi lengkap, dan bisa benar-benar dimanfaatkan untuk membuat perencanaan pengembangan masyarakat dalam jangka panjang. Di dalam industri ekstraktif yang masa hidupnya di suatu lokasi itu terbatas, ketiga studi akan bisa dijadikan dasar bagi perencanaan strategis pengembangan masyarakat menuju kondisi sejahtera, mandiri dan berkelanjutan sebelum perusahaan berhenti beroperasi.
In reply to SYIFA ASYRAFIYAH

Re: Pemetaan Sosial

by DEBORA MANALU -
Pemetaan masalah sosial bertujuan untuk melihat kondisi masyarakat dan menganalisis solusi untuk masalah sosial tersebut.
In reply to SYIFA ASYRAFIYAH

Re: Pemetaan Sosial

by MOH. YAHYA -
yang dimaksud dengan pemetaan sosial ialah metode yang mendeskripsikan sitkon di lingkungan masyarakat, adapun identifikasi dapat bersifat kondisional dilapangan.