Forum Diskusi Modul V: Social Enterpreneurship

Karakteristik Social Enterpreneurship

Karakteristik Social Enterpreneurship

by ANGGA PRATAMA -
Number of replies: 0
 

Karakteristik Social Enterpreneurship adalah sebagai berikut:

  1. Lahir dari sebuah misi untuk memecahkan masalah sosial dan memberikan dampak sosial. Yang dimaksud masalah sosial dalam konteks ini adalah adanya keterbatasan yang dialami sekelompok masyarakat marginal untuk mendapatkan akses terhadap pasar dan pelayanan tertentu. Kategori masyarakat marginal yang dimaksud yaitu masyarakat miskin, penyandang disabilitas, anak jalanan, orang dengan HIV/AIDS, mantan narapidana, dan sebagainya. Bisnis sosial ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang dihadapi kelompok marginal tersebut.
  2. Adanya aktivitas pemberdayaan kepada penerima manfaat. Bisnis sosial memberikan pendampingan yang berkelanjutan kepada penerima manfaat hingga terjadi transformasi atau perubahan struktural bagi kehidupan penerima manfaat, seperti mengalami perkembangan pola pikir, edukasi, dan peningkatan keterampilan.
  3. Beroperasi sesuai prinsip dan etika bisnis. Bisnis sosial mempraktikkan etika bisnis kepada pemasok, penerima manfaat, dan konsumen, serta bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan dari aktivitas bisnis tersebut. Selain itu, bisnis sosial juga harus terbuka dan transparan terhadap operasional kegiatan bisnis dan pemberdayaannya.
  4. Reinvestasi pada misi sosial. Ada komitmen dari bisnis sosial untuk reinvestasi mayoritas laba atau surplus organisasi untuk perluasan dampak sosialnya.
  5. Berorientasi berkelanjutan. Sebuah bisnis sosial harus memiliki orientasi berkelanjutan sebagai sebuah organisasi, baik pada SDM dan keuangannya.

Dari kelimanya, karakteristik paling menonjol dari sebuah kewirausahaan sosial adalah adanya kegiatan pemberdayaan kelompok marginal dan reinvestasi pada misi sosial.