Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Pemetaan sosial

Pemetaan sosial

by ZALSYA ARUM SEKARTANJUNG -
Number of replies: 2

Pemetaan sosial ialah cara atau teknik untuk menentukan suata permasalaham yang ada di sekitar dengam analisis swot dan cara lainnya 

In reply to ZALSYA ARUM SEKARTANJUNG

Re: Pemetaan sosial

by ASPIRA RAHMADINI PURNAMASARI -
Pemetaan Sosial (social-mapping) selain dilakukan untuk menemukan dan mengenali potensi (resources) dan modal sosial (social capital), juga mengenali pemangku kepentingan dalam kaitannya dengan keberadaan dan aktivitas pelaku pemberdayaan masyarakat. Sehingga melalui social-mapping dapat teridentifikasi keinginan, kebutuhan dan sumber persoalan yang dirasakan masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Selanjutnya, hasil dari social-mapping menjadi dasar perencanaan program pengembangan masyarakat yang berkelanjutan. Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat seringkali tidak menemukan sasaran yang tepat dan menimbulkan ketidakpuasan bagi stakeholder karena tidak diperhatikannya pemetaan akan kebutuhan masyarakat. Masalah tersebut muncul karena program pemberdayan masyarakat yang dilakukan hanya berdasarkan pada sudut pandang pemberdaya sendiri, bukan berdasarkan sudut pandang masyarakat yang menjadi sasaran. Hal ini dipahami karena dinamika perubahan dalam masyarakat desa yang dinamis (Sukaris, 2019). Berkembangnya kompleksitas dinamika perubahan masyarakat desa yang terjadi tersebut sebagai dampak kebebasan untuk mendapatkan informasi dalam meningkatkan taraf kesejahteraannya, sehingga setiap warga negara dapat berperan untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat, serta kemajuan bangsa dan negaranya. Salah satu pihak yang berperan besar dalam pembangunan adalah desa melalui pertumbuhan ekonomi.
In reply to ZALSYA ARUM SEKARTANJUNG

Re: Pemetaan sosial

by ANNISA AGUSTINA -
pemetaan sosial merupakan suatu cara yang digunakan untuk menentukan suatu permasalahan yang terjadi disekitar lingkungan hidup (sosial) kita tinggal/daerah/wilayah.