Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Bagaimana Cara Bekerja Kelompok yang Baik?

Bagaimana Cara Bekerja Kelompok yang Baik?

by RIZKITA DANTI IHSANY SYAHFITRI -
Number of replies: 0

1. komunikasi.
Membangun komunikasi yang baik dengan para anggota kelompok, akan membantu kalian dalam mengerjakan tugas kelompok ini dengan baik. Komunikasi yang baik dan efektif, mampu meningkatkan semangat mereka untuk mengerjakan tugas kelompok yang akan dikerjakan. Hal ini juga membantu kalian untuk mempererat hubungan dengan para anggota kelompok, sehingga menjadikan tugas kelompok kalian menjadi suatu pekerjaan yang menyenangkan untuk dilakukan.
2. komitmen dan tujuan yang sama.
Setiap anggota kelompok harus memiliki komitmen untuk membuat tugas kelompok ini menjadi hasil yang memuaskan. Serta mereka juga harus memiliki tujuan yang sama, bahwa dari tugas kelompok ini akan membantu mereka menjadi pribadi yang lebih baik dan mengerti arti dari kerja sama dan toleransi dalam kelompok. Hal ini akan membuat kalian dan teman-teman kalian mengerti arti dari sebuah keberhasilan.
3. time management.
Time management sangat diperlukan dalam bekerja kelompok. Pembagian waktu membuat kalian dan teman-teman kalian menjadi lebih mandiri dan menghargai waktu. Time management membuat kerja kelompok menjadi lebih bermakna karena semua bekerja di waktu yang telah ditentukan.
4. kebersamaan dan kegembiraan.
Dalam kerja kelompok, pastinya kalian akan merasa lelah dalam mengerjakan tugas kelompok kalian, jangan lupa untuk bersenang-senang bersama anggota kelompok kalian. Kalian bisa menceritakan sebuah cerita, mendengarkan musik, makan bersama, dan kegiatan lainnya yang menurut kalian menyenangkan untuk dilakukan bersama. Kebersamaan dan kegembiraan akan menambah suasana yang menyenangkan untuk kalian dan anggota kelompok kalian.
Berbagai pekerjaan akan terasa ringan bila dikerjakan bersama daripada harus dikerjakan sendiri. Oleh sebab itu, cobalah beberapa hal diatas untuk meningkatkan kerja sama yang baik. Kerja sama yang baik, akan menumbuhkan kekeluargaan, keakraban, dan kasih sayang untuk kalian dan teman-teman kalian. Selamat mencoba