Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

Apa Itu Kewirausahaan Sosial? dan Apa pentingnya untuk masyarakat?

Apa Itu Kewirausahaan Sosial? dan Apa pentingnya untuk masyarakat?

by MAHESA ASRAFKA UTOMO -
Number of replies: 3

Apa Itu Kewirausahaan Sosial? dan Apa pentingnya untuk masyarakat?

Kewirausahaan sosial atau dalam bahasa inggris sociopreneurship adalah sebuah gerakan dari permasalahan sosial yang diolah dengan inovasi untuk mencari peluang akan penyelesaian masalah tersebut. Kewirausahaan sosial memiliki konsep yaitu membantu penyelesaian masalah sosial dengan pendekatan secara bisnis bisa berupa mendanai, mengembangkan dan menerapkan solusi. Persoalan sosial yang semakin kompleks dan saling terikat sekarang dapat diselesaikan dengan adanya nilai-nilai sosial yang dikaitkan dengan nilai-nilai enterepeneurship sehingga solusi yang didapatkan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat.

Kewirausahaan sosial juga dapat memanfaatkan internet dan teknologi yang berkembang saat ini. Pada era revolusi 4.0, banyak aktivitas dapat dilakukan secara online, mulai dari memberi layanan dan jasa sampai mengerjakan pekerjaan. Kewirausahaan sosial yang dibangun dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat menjalankan bisnis secara modern dan memberi manfaat kepada cakupan yang lebih luas. Peran mahasiswa akan lebih mudah menerapkan kepada masyarakat karena mahasiswa lebih paham dengan berbagai teknologi yang sangat cepat dan canggih untuk dimanfaatkan melihat peluang bagi masyarakat di sekitar.

Berdasarkan penjelasan diatas, pentingnya kewirausahaan sosial bagi kesejahteraan masyarakat yaitu dapat menjadi salah satu peran yang substansial bagi kehidupan sosial ekonomi dengan berbagai isu saat ini. Kewirausahaan sosial ini dilakukan dengan adanya pengembangan bisnis menggunakan inovasi, teknologi dan pendekatan bisnis yang dikaitkan dengan nilai-nilai sosial. Kewiraushaan sosial yang dapat dijalankan baik oleh pemerintah maupun masyarakat sendiri ini kemudian dapat memberikan solusi dan manfaat kepada masyarakat yang kemudian akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat.

In reply to MAHESA ASRAFKA UTOMO

Re: Apa Itu Kewirausahaan Sosial? dan Apa pentingnya untuk masyarakat?

by BELA RAHAYU PERTIWI -
Kewirausahaan sosial memiliki konsep yaitu membantu penyelesaian masalah sosial dengan pendekatan secara bisnis bisa berupa mendanai, mengembangkan dan menerapkan solusi. Persoalan sosial yang semakin kompleks dan saling terikat sekarang dapat diselesaikan dengan adanya nilai-nilai sosial yang dikaitkan dengan nilai-nilai enterepeneurship sehingga solusi yang didapatkan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat.
In reply to BELA RAHAYU PERTIWI

Re: Apa Itu Kewirausahaan Sosial? dan Apa pentingnya untuk masyarakat?

by CINDY RAWIDIAH -
Saya setuju pendapat saudara
In reply to MAHESA ASRAFKA UTOMO

Re: Apa Itu Kewirausahaan Sosial? dan Apa pentingnya untuk masyarakat?

by RIFQI SHOLEHUDIN AL ZAMI -
Wirausaha sosial (social entrepreneur) adalah orang yang memiliki inovasi baru dan memiliki potensi untuk memecahkan permasalahan berbasiskan masyarakat. Individu-individu ini bersedia mengambil risiko dan upaya untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat melalui inisiatif mereka.