Forum Diskusi 9: Pengembangan Diri

Pengembangan diri pada masa pandemi

Pengembangan diri pada masa pandemi

by Fiqih Rizky Ramadhana -
Number of replies: 1

Di era yang sudah serba digital seperti saat ini, persaingan di dunia kerja memang tak bisa dianggap sepele. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja kunci sukses yang harus diterapkan dalam diri kamu untuk meraih karir yang cemerlang.

Pasalnya, kesuksesan perlu dikejar dengan usaha dan kerja keras karena tidak dapat digapai dengan mudah. Terlebih buat kamu yang baru akan terjun ke dunia kerja, tentu harus ekstra bersaing dengan mereka yang sudah memiliki pengalaman.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa lebih sukses dari mereka yang sudah lama bekerja. Terbukti, banyak sekali anak muda yang berhasil meniti karirnya hingga sukses menjadi bos di sebuah perusahaan.

Sayangnya, tak sedikit orang yang masih gagal meraih kesuksesan karena tidak mengetahui kunci sukses untuk membuat karirnya semakin cemerlang.

1. Responi perubahan akibat pandemi dengan cara menunjukkan kualitas diri

 langkah pertama yang perlu dilakukan adalah harus menang melawan keadaan. “Jangan menyerah dengan keadaan tapi justru dijadikan acuan agar semakin mengembangkan diri dan bekerja lebih keras untuk meraih kesuksesan.”

2. Eksplorasi cara baru untuk menyiasati perubahan kondisi setelah pandemi

Kamu juga perlu mengeksplorasi cara-cara baru yang selama ini tidak kamu lakukan atau istilah berpikir out of the box yaitu harus dapat memainkan imajinasi dan keluar dari zona nyaman kamu selama ini untuk menghasilkan ide-ide yang brilian.

Agar ide kamu dapat diwujudkan, kamu dapat membuat daftar ide-ide kreatif kamu setelah itu membuat dan mematangkan konsep sebelum akhirnya diaplikasikan di kehidupan nyata.

3. Melakukan investasi pada diri sendiri

Kunci sukses selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar bertahan di masa pandemi yaitu dengan melakukan investasi pada diri sendiri.

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan perbanyak membaca buku untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan serta melakukan hobi agar tidak stres dan membuat diri kamu jadi bahagia.

Dengan melakukan beberapa hal tersebut tentu saja akan membuat kamu lebih dapat mengembangkan diri yang akan berdampak pada kesuksesan baik dari segi karir maupun diri sendiri. 

4. Wujudkan dengan eksekusi

Setelah sudah mendapatkan ide dan membuat konsep untuk mewujudkan dan mengembangkan ide kamu tersebut, langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan eksekusi atau segera dijalankan.