Forum Diskusi Modul Tematik

Disabilitas

Disabilitas

by CINDY RAWIDIAH -
Number of replies: 2

Masyarakat disabilitas adalah salah satu kelompok lemah yang seharusnya di perhatikan oleh pemerintah namun fakta dilapangan disabilitas malah menjadi golongan yang terpinggirkan,kurang diperhatikan oleh pemerintah atau bahkan tidak tersentuh bantuan sosial.

Menurut pejuang muda apakah yang melatarbelakangi hal tersebut?

Dan bagaimana solusi yang ditawarkan untuk penyelesaian permasalahan tersebut

In reply to CINDY RAWIDIAH

Re: Disabilitas

by THALIA SEPTI MIRANDA SIHOMBING -
Disabilitas fisik

Penyandang disabilitas fisik mengalami keterbatasan akibat gangguan pada fungsi tubuh. Cacat dapat muncul sejak lahir atau akibat kecelakaan, penyakit, atau efek samping dari pengobatan medis. Beberapa jenisnya antara lain lumpuh, kehilangan anggota tubuh akibat amputasi, dan cerebral palsy.

Disabilitas sensorik

Disabilitas sensorik adalah keterbatasan fungsi panca indra. Yang termasuk jenis disabilitas ini, antara lain disabilitas wicara, rungu, dan netra.

Untuk membantu penyandang disabilitas netra, Anda perlu mempelajari cara khusus berinteraksi dengan mereka. Ketahuilah jenis sentuhan dan nada bicara yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi. Selain itu, sebelum membantu mereka, Anda juga perlu bertanya terlebih dahulu apakah mereka memang membutuhkan bantuan Anda atau tidak.

Untuk berinteraksi dengan penyandang disabilitas wicara, rungu, atau rungu wicara, Anda membutuhkan keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat. Sebaiknya Anda berbicara dengan tempo lebih lambat agar lebih mudah dimengerti.

Disabilitas mental

Penyandang disabilitas mental mengalami keterbatasan akibat gangguan pada pikiran atau otak. Disabilitas mental, termasuk bipolar, gangguan kecemasan, depresi, dan gangguan mental lainnya. Mereka yang mengalami disabilitas mental dapat mengalami kesulitas untuk berkonsentrasi, berpikir, mengambil keputusan, dan mengutarakan isi pikiran mereka.

Salah satu cara menangani disabilitas mental adalah dengan tidak menempatkan mereka pada kondisi yang rentan menimbulkan stres atau tertekan. Selain itu, saat berinteraksi dengan penyandang disabilitas mental, Anda sebaiknya menggunakan penjelasan yang menyeluruh dan pemilihan kata yang mudah dimengerti. Jika perlu, Anda bisa memberikan pilihan cara penyampaian informasi, beberapa lebih memilih untuk mendengarkan penjelasan secara langsung dan beberapa lainnya lebih mudah memahami tulisan. Terakhir, Anda butuh kesabaran dan pikiran yang terbuka untuk memahami kondisi penyandang disabilitas mental.

Disabilitas intelektual

Disabilitas intelektual dapat ditandai dengan tingkat IQ di bawah standar rata-rata, kesulitan memproses informasi, dan keterbatasan dalam berkomunikasi, bersosialisasi, dan kepekaan terhadap lingkungan. Beberapa jenis disabilitas intelektual adalah down syndrome dan keterlambatan tumbuh kembang.
In reply to THALIA SEPTI MIRANDA SIHOMBING

Re: Disabilitas

by ESA FATAKHU ROZAQUE NADYA -
Sangat menarik sekali penjelasannya, menurut saya dalam proses pemberdayaan disabilitas masih sangat kurang dan perlu perhatian lebih agar mereka juga mendapatkan kemandirian dan berdaya.