Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Prinsip-Prinsip Kerja Kelompok

Prinsip-Prinsip Kerja Kelompok

by SITI NURUL NAPILAH -
Number of replies: 1

Ada sejumlah prinsip untuk melaksanakan kehidupan kelompok, ialah:

  • Pelaksanaan kerja kelompok bertitik tolak dari tujuan- tujuan, renanarencana dan masalah- masalah kelompok. Pemimpin memberikan bimbingan tentang cara memperluas konsep rencana dan medalami masalh- masalh yang telah direncanakan.
  • Kerja kelompok dimulai dari menghipun sumbangan atau kontribusi dari semua anggota kelompok. Setiap anggota kelompok merasa bahwa mereka menempati bagian yang penting dalam perbuatan dan pelaksanaan keputusan kelompok. Pemipin perlu mengadakan orientasi terhadap kelompok dengan cara menghimoun lebih dulu kontribusi dari bawahannya, kemuadian melihat dan pemikirkan keseluruhan tugas yanga kan dihadapi selanjutnya memberikan bimbingan setelah menemukan kunci yang diperlukan.
  • Kerja kelompok memberikan tanggung jawab kepada panitia dan individu-individu. Pembagian tanggung jawab terhadap anggota kelompok dan tanggung jawab bagi panitia dan didasarkan pada kemampuan, minat dan dorongan diri dari para anggota. Sedangkan keputusan yang penting dibuat bersama.
In reply to SITI NURUL NAPILAH

Re: Prinsip-Prinsip Kerja Kelompok

by ZIADATU NIKMAH TAUFIK -
Prinsip-prinsip bekerja dalam sebuah tim :
1. Saling menghargai, Sikap saling menghargai antarsesama anggota tint membuat tiap anggota tim dapat memahami setiap perbedaan yang ada.
2. Mempunyai Komitmen dan Kepentingan yang Sama. Komitmen ini haruslah berdasarkan kepentingan yang sama, sehingga jelas bagi seluruh anggota bahwa pekerjaan dilakukan sesuai komitmen yang telah disepakati.
3. Mengembangkan Peraturan yang jelas dan Transparan
4. Mampu Mengendalikan Diri dan Menjaga.Keseimbangan Antara Emosi dan Pikiran Setiap anggota tim pastinya berbeda dalam mengendalikan emosi dan pikiran.