Forum Diskusi 8: Kerja Kelompok

Manfaat Team work

Manfaat Team work

by AHMAD ANDI RUSDIANTO -
Number of replies: 4

Membantu meningkatkan pemahaman, saat belajar sendiri, terkadang ada beberapa materi yang sulit untuk dimengeri. Biasanya hal ini karena ada penjelasan yang terlewat saat guru sedang menjelaskan. Dengan belajar kelompok akan membuat mudah memahami karena bisa berbagi informasi mengenai materi yang dipelajari
Membantu memberikan lebih banyak ide, pembahasan yang dilakukan biasanya tidak hanya mengenai materi yang dipelajari. Banyak berbagai hal yang bisa didiskusikan. Hal itu dapat membuat banyak ide yang muncul karena bise memotivasi satu sama lain.
Dapat mengetahui kelemahan dan kesalahan, saat sedang berdiskusi seseorang dapat mengetahui kelemahan dan kesalahan yang dilakukannya. Biasanya ia dapat menyadarinya setelah membandingkan dengan teman diskusinya.
Membantu membangun kepercayaan diri, Saat sendiri biasanya sering muncul keraguan apakah hal yang dilakukan sudah benar atau belum. Saat belajar kelompok, biasanya akan terjadi diskusi untuk membuktikan kebenaran mengenai hal yang dipelajari.
Melatih keterampilan komunikasi, tidak selalu orang yang cerdas tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Dengan belajar kelompok, akan membuat orang tersebut terbiasa untuk berdiskusi sehingga lisan dan cara komunikasi terlatih.
Meningkatkan keterampilan mendengar, tidak hanya kemampuan berbicara belajar dan diskusi dengan kelompok akan melatih kemampuan mendengar seseorang. Hal ini karena dirinya akan terbiasa mendengar untuk menangkap maksud ucapan orang lain

In reply to AHMAD ANDI RUSDIANTO

Re: Manfaat Team work

by MAURINA SANRA RUSYDI -
team work bermanfaat dalammeningkatkan produktivitas, moral, dan kualitas keseluruhan produk. dengan adanya team work maka pekerjaan akan menjadi lebih efektif, meningkatkan kerjasama, menghasilkan ide-ide yang menarik, mendorong untuk seseorang berkontribusi, meningkatkan kemampuan dalam meneyelesaikan suatu masalah.
In reply to MAURINA SANRA RUSYDI

Re: Manfaat Team work

by RIMA AMELIA -
Setuju sekali, selain itu team work juga membuat beban kerja menjadi lebih ringan dan dengan adanya team work antara satu anggota dengan anggota lainnya dapat saling memberikan dorongan atau dukungan pada masa-masa sulit sehingga akan terasa saling mengandalkan satu sama lain dan saling menguatkan dibandingkan dengan hanya bekerja sendiri.
In reply to AHMAD ANDI RUSDIANTO

Re: Manfaat Team work

by WINATA HADI GUNTORO -
Team work memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu
1. Bisa menghasilkan ide yang lebih kreatit, banyaknya pendapat serta ide-ide yang disampaikan oleh teman satu tim akan menciptakan ide kratif baru dari hasil kolaborasi bebrapa ide yang ada.
2. Beban pekerjaan bisa menjadi lebih ringan, dalam mengerjakan suatu pekerjaan dengan adanya team work, dapat membagi tugas dengan teman satu tim, dengan hal itu, akhirnya pekerjaan dengan beban yang berat bisa lebih ringan dengan suatu hasil yang maksimal juga.
3. Dapat mengefisiensikan waktu, Jika teamwork dijalankan dengan baik dan masing-masing orang mau bekerja sesuai dengan yang diharapkan, pekerjaan yang ada bisa lebih efisien lagi. Sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat lebih cepat selesai.
4. Jika terdapat suatu masalah bisa mendapat jalan keluar yang lebih cepat, dalam menyelesaikan suatu masalah dengan adanya team work dapat diselesaikan bersama-sama, teamwork menjadi jawaban paling tepat jika ingin mendapatkan jalan keluar dari masalah yang ada dengan cepat.
In reply to WINATA HADI GUNTORO

Re: Manfaat Team work

by Rofidah Nurfitriyah -
ingin menambahkan,
Teamwork yang baik sangat diperlukan oleh tiap tim di dalam sebuah perusahaan, karena dengan begitu maka tiap individu dan perusahaan akan mendapatkan manfaat berikut:

1. Bekerja Lebih Efektif
Dengan kemampuan teamwork yang baik, maka setiap pegawai dalam setiap perusahaan akan mampu bekerja lebih harmonis, dan hal tersebut akan membuat suasana kerja yang lebih kondusif.

Dengan hubungan kerja yang baik antar tiap karyawan, maka setiap masalah, pendapat dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan bisa dikomunikasikan dengan baik tanpa adanya kesulitan.

Sehingga, hal tersebut bisa memudahkan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat daripada dikerjakan sendiri.

2. Mendapat Lebih Banyak Ide
Penguasaan pekerjaan yang baik yang dimiliki oleh tiap karyawan saja tidak cukup untuk menentang alasan pentingnya teamwork. Walaupun beberapa karyawan memang ada yang lebih nyaman untuk bekerja sendiri, namun akan ada saatnya mereka menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya.

Nah, hal tersebut bisa diselesaikan lebih baik dengan kerjasama yang baik oleh banyak orang di dalam tim. Sehingga, setiap karyawan bisa saling mendapatkan ide dan saran yang baik.

Proses diskusi ini bisa menyelesaikan suatu permasalahan dalam pekerjaan dan juga mampu merangsang kreativitas dan proses penyelesaian masalah pada tiap karyawan.

3. Saling Mengandalkan Satu Sama Lain
Tidak selamanya pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, terkadang akan ada hari-hari tertentu yang membuat karyawan merasa kesulitan. Nah pada waktu sulit tersebut, strategi teamwork yang baik yang dilakukan oleh manajemen perusahaan akan mampu mengurangi sedikit beban.

4. Mendorong Rasa Kepemilikan yang Lebih Luas
Suatu proyek yang dikerjakan oleh tim akan membuat karyawan merasa bangga terhadap kontribusi yang sudah mereka lakukan. Setiap anggota tim akan merasa sangat puas karena telah mampu mengatasi hambatan dan juga menciptakan kerjasama yang baik.

Selain itu, karyawan juga akan memiliki koneksi yang lebih kuat dengan perusahaan karena sudah menuju pencapaian tujuan perusahaan bersama-sama. Hal tersebut nantinya akan meningkatkan loyalitas dan mengarah pada kepuasan kerja yang lebih baik antar tiap karyawan.

Hal tersebut juga akan menguntungkan pihak perusahaan dalam jangka panjang. Kenapa? Karena karyawan yang mampu terhubung langsung dengan perusahaan akan cenderung lebih betah bekerja diperusahaan tersebut.

Oleh karena itu, teamwork yang baik akan memungkinkan setiap individu untuk terlibat jauh dengan perusahaan.

5. Memotivasi Pengambilan Resiko yang Lebih Sehat
Kebersamaan adalah kekuatan utama dalam konsep teamwork. Seorang karyawan yang hanya mengerjakan suatu proyek secara individu kemungkinan besar tidak akan mau memaksakan dirinya untuk bisa memberikan ide yang luar biasa.

Apabila proyek yang dikerjakannya tersebut secara sendirian gagal, maka karyawan tersebut akan menanggung tanggung jawab seorang diri. Nah, dengan teamwork yang baik, maka tanggung jawab atas setiap tugas yang gagal bisa didistribusikan dengan baik.

Teamwork yang baik juga akan memungkinkan adanya pengambilan risiko yang lebih banyak pada tiap anggota tim, karena mereka sudah mendapatkan dukungan yang baik dari seluruh anggota.

Ketika sebuah tim mengerjakan tugasnya secara kompak, maka sesi brainstorming akan mampu menghasilkan ide-ide yang lebih cemerlang. Dalam banyak kasus, ide yang paling beresiko terbukti menjadi ide yang paling baik. Dengan teamwork yang baik, maka akan memungkinkan karyawan untuk menciptakan ide yang cemerlang.

Walaupun di dalam teamwork tidak bisa mementingkan kepentingan pribadi, namun teamwork yang baik bisa menguntungkan setiap anggota tim secara pribadi.

6. Meningkatkan Kemampuan untuk Menyelesaikan Masalah
Masalah pasti akan terjadi saat Anda mengumpulkan sekelompok manusia yang unik. Setiap karyawan tentunya memiliki latar belakang, gaya, dan kebiasaan kerjanya masing-masing. Dengan sudut pandang yang unik tersebut, akan terlahir karya paling sukses sekaligus menghasilkan rasa benci yang cepat berubah.