Forum Diskusi Modul Tematik

tujuan pemberdayaan sosial

tujuan pemberdayaan sosial

by NUR ESA ZAHROTUL FIRDAUS -
Number of replies: 9

Tujuan pemberdayaan masyarakat adalah untuk mencapai keadilan sosial. Payne (1997:268) menyatakan keadilan sosial dengan memberikan ketentraman kepada masyarakat yang lebih besar serta persamaan politik dan sosial melalui upaya saling membantu dan belajar melalui pengembangan langkah-langkah kecil guna tercapainya tujuan yang lebih besar. Menurut Susiladiharti dalam Huraerah (2011) terbagi ke dalam lima tingkatan, yakni: a) terpenuhinya kebutuhan dasar, b) terjangkaunya sistem sumber atau akses terhadap layanan public, c) kesadaran akan kekutan dan kelemahan atas diri sendiri dan juga lingkungannya, d) mampu untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang bermanfaat di masyarakat dan lingkungan yang lebih luas, e) kemampuan untuk mengendalikan diri dan lingkungannya.

In reply to NUR ESA ZAHROTUL FIRDAUS

Re: tujuan pemberdayaan sosial

by LULU LATIFAH -
Saya setuju dengan apa yang disampaikan diatas, dimana pemberdayaan masyarakat itu memiliki tujuan memberikan days ke pada masyarakat bisa dalam bentukanna kegiatan melalui pengembangan potensi yang dimiliki masyarakat itu sendiri sehingga diharapkan program pemberdayaan ini bersifat berkelanjutan dan menciptakan masyarakat yang man diri dan sejahtera
In reply to LULU LATIFAH

Re: tujuan pemberdayaan sosial

by NUR DINA AMALIA -
Pemberdayaan masyarakat yang diartikan sebagai tujuan adalah keadaan yang ingin dicapai baik dari suatu perubahan sosial yang mana menjadi masyarakat yang lebih berdaya, memiliki kekuasaan juga pengetahuan dan kemampuan untuk dapay memenuhi kebutuhan hidupnya lebih baik lagi.
In reply to LULU LATIFAH

Re: tujuan pemberdayaan sosial

by TENI MAWARNI -
pemberdayaan masyarakat dengan tujuannya adalah keadaan yang ingin dicapai baik dari suatu perubahan sosial yang mana menjadi masyarakat yang lebih berdaya, memiliki kekuasaan juga pengetahuan dan kemampuan untuk dapay memenuhi kebutuhan hidupnya lebih baik lagi. Baik di sisi ekonomi maupun bersifat sosial seperti kepercayaan diri, dan sebagainya.
In reply to NUR ESA ZAHROTUL FIRDAUS

Re: tujuan pemberdayaan sosial

by WINATA HADI GUNTORO -
Tujuan Pemberdayaan masyrakat adalah masyarakat berdaya atau memiliki daya, kekuatan atau kemampuan. Kekuatan yang dimaksud dapat dilihat dari aspek fisik dan material, ekonomi, kelembagaan, kerjasama, kekuatan intelektual dan komitmen bersama dalam menerapkan prinsip-prinsip pemberdayaan. Kemampuan berdaya mempunyai arti yang sama dengan kemandirian masyarakat. Terkait dengan program pembangunan, bahwa tujuan yang ingin dicapai adalah untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut meliputi kemandirian berpikir, bertindak dan mengendalikan apa yang mereka lakukan. Kemandirian masyarakat merupakan suatu kondisi yang dialami oleh masyarakat yang ditandai dengan kemampuan memikirkan, memutuskan serta melakukan sesuatu yang dipandang tepat demi mencapai pemecahan masalah-masalah yang dihadapi dengan mempergunakan daya kemampuan yang dimiliki. Daya kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan kognitif, konatif, psikomotorik dan afektif serta sumber daya lainnya yang bersifat fisik/ material. Kemandirian masyarakat dapat dicapai tentu memerlukan sebuah proses belajar. Masyarakat yang mengikuti proses belajar yang baik, secara bertahap akan memperoleh daya, kekuatan atau kemampuan yang bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan secara mandiri.
In reply to NUR ESA ZAHROTUL FIRDAUS

Re: tujuan pemberdayaan sosial

by RIZKY PUTRA PRATAMA -
menurut pendapat saya pribadi, tujuan dari pemberdayaan sosial adalah untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat hingga mereka dapat mencapai kemandirian untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan melanjutkan kehidupannya
In reply to NUR ESA ZAHROTUL FIRDAUS

Re: tujuan pemberdayaan sosial

by YULIA FITRI -
Tujuan pemberdayaan sosial adalah untuk melakukan perubahan agar perekonomian masyarakat menjadi lebih baik
In reply to YULIA FITRI

Re: tujuan pemberdayaan sosial

by FAIRUZ TSINA -
Saya sepakat dengan jawaban teman-teman bahwa pemberdayaan merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup SDM agar lebih baik lagi
In reply to NUR ESA ZAHROTUL FIRDAUS

Re: tujuan pemberdayaan sosial

by ATHIYA SHINTA WULANDARI -
tujuan adalah keadaan yang ingin dicapai baik dari suatu perubahan sosial yang mana menjadi masyarakat yang lebih berdaya, memiliki kekuasaan juga pengetahuan dan kemampuan untuk dapay memenuhi kebutuhan hidupnya lebih baik lagi.