Forum Diskusi 4: Kewirausahaan Sosial

pentingnya kewirausahaan sosial

pentingnya kewirausahaan sosial

by Muchamad Sadam Chusen -
Number of replies: 0

Dulu Kewirausahaan Sosial merupakan salah satu kegiatan yang berfokus pada perubahan positif yang dimana hal tersebut berjalan dengan penggunaan sumber daya masyarakat yang tersedia. Tentu saja setiap individu dan setiap organisasi memang selalu terlibat dalam kegiatan Kewirausahaan Sosial yang tentu saja di lakukan secara mandiri. Mungkin tergantung dalam kebutuhan lainnya namun kemungkinan hanya sedikit saja. Hal ini lah yang membuat mereka tertantang hingga membentuk sebuah Kewirausahaan Sosial. Dalam melakukan kegiatan kewirausahaan pun menggunakan ide layaknya dengan kegiatan dalam sebuah bisnis. Namun yang pasti dalam menemukan ide dalam suatu kewirausahaan tentu saja di pastikan dengan baik akan dampak sosial yang luas.

Salah satu keuntungan terbaik yang bisa di ciptakan untuk masyarakat ialah untuk lapangan pekerjaan. Membuka lapangan pekerjaan tentu saja menjadi salah satu usaha terbaik yang selalu di nantikan masyarakat. Berbagai kegiatan usaha yang di jalankan namun mampu untuk memberikan lapangan pekerjaan termasuk dalam bentuk Kewirausahaan Sosial yang memberikan manfaat sangat banyak.

 

  • Mengurangi pengangguran

Di indonesia sendiri pengangguran sudah semakin banyak, banyaknya penduduk yang mana juga terus meningkat tentu saja membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi pekerja terbaik. Namun tidak semua orang mampu untuk melakukan pekerjaan, berbagai halangan tentu saja ada. Namun ketika anda sendiri mampu membuka Kewirausahaan Sosial maka risiko pengangguran yang ada sedikit berkurang. Apalagi dengan kewirausahaan yang memiliki kapasitas pegawai banyak, tentu semakin banyak orang yang tidak lagi menjadi pengangguran.

 

  • Meningkatkan pendapatan masyarakat

Mungkin banyak masyarakat yang sudah memiliki pekerjaan, namun terkadang pendapatan yang di miliki kurang mencukupi kebutuhan hidup. Namun adanya peluang pekerjaan dari Kewirausahaan Sosial sangat mampu sekali menanggulangi permasalahan tersebut. Akan tetapi semua kembali dengan bentuk usaha yang di jalankan. Tidak mungkin bukan ketika usaha yang di jalankan hanya dalam bentuk sederhana namun memberikan upah yang lebih. Dengan begitu upah kerja pun sangat di sesuaikan dengan bentuk usaha yang di jalankan.

 

  • Mampu mengombinasikan faktor produksi

Alam, tenaga kerja, modal dan keahlian adalah bagian yang begitu penting ketika menjalankan Kewirausahaan Sosial. Memiliki sebuah keahlian namun tidak menjadi pekerja tentu tidak ada gunanya bukan? Lalu bagaimana dengan wirausaha yang berdiri juga sesuai dengan keahlian? Tentu saja ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk di kembangkan dan di jalankan. Namun perlu juga di ketahui jika anda menjadi pendiri wirausaha anda juga perlu memastikan jika tenaga kerja yang akan anda rekrut sudah kompeten, atau memiliki rasa ingin bisa. Sehingga usaha yang anda jalankan tidak lagi sia-sia dan memberikan hasil terbaik sesuai dengan yang anda sudah rencanakan sejak awal mendirikan wirausaha tersebut.

 

  • menjalankan peran dan memajukan bangsa

Salah satu bentuk terbaik yang bisa di dapatkan dalam Kewirausahaan Sosial ialah mampu untuk memajukan bangsa dengan memberikan sumbangan-sumbangan. Baik dengan bidang pendidikan, budaya, kesehatan, dan lain sebagainya yang memberikan manfaat terbaik. Apalagi saat ini problem di indonesia yang sering terjadi adalah pendidikan, kesehatan dan pengangguran, maka dengan mendirikan kewirausahaan tentu memberikan manfaat yang sangat banyak untuk bangsa indonesia.

 

  • Pembayaran pajak sebagai pemasukan APBN?APBD

Wirausaha memberikan peran yang begitu penting untuk memberikan pemasukan di pemerintah daerah setempat. Nah pembayaran pajak yang di lakukan di setiap wirausaha tentu saja menjadi pemasukan tersendiri bagi masyarakat. Namun sangat di sayangkan, indonesia memiliki berbagai macam pajak yang, seperti dengan pajak penjualan, pajak pendirian bangunan dan lain sebagainya. Dengan banyaknya pajak yang di jalankan tentu saja usaha juga perlu lebih di pemudah. Akan tetapi pemerintah sering kali mempersulit akan berdirinya usaha yang di jalankan tersebut.