Forum Diskusi 7: Manajemen Sumber Daya

Memanfaatkan Sumber Daya

Memanfaatkan Sumber Daya

by Ibnu Anas Hernawan -
Number of replies: 2

Sumber daya alam dibagi dalam dua, yaitu sumber daya alam yang dapat dibuat dan tidak dapat di ubah.

 

Sumber daya alam yang dapat diciptakan adalah sumber daya alam yang dapat dibangun kembali dan dapat diusahakan untuk dikembangkan. Sebagai contoh, air, pertanian, hewan ternak, udara, dan sinar matahari.

 

Sementara itu, sumber daya alam yang tidak dapat digunakan adalah sumber daya alam yang akan habis jika digunakan terus menerus.

 

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui membutuhkan waktu ribuan bahkan jutaan tahun untuk terbentuk kembali. Contohnya adalah sumber daya alam tambang, termasuk minyak bumi, batu bara, emas, gas alam, dan sebagDengan berlimpahnya manfaat sumber daya alam, manusia harus bisa mengelolanya sebaik mungkin. Berikut cara-cara untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan baik:

 

1. Mengelola pertanian, perkebunan, dan peternakan

 

Manusia membutuhkan tumbuhan dan hewan dari alam untuk tetap hidup, baik untuk kebutuhan pangan, pakaian, maupun tempat tinggal

 

Namun, apabila hanya mengambil saja dari alam, maka sumber daya alam akan habis dan tidak produktif. Sehingga, manusia sebaiknya mengolahnya menjadi pertanian, perkebunan, ataupun peternakan.

 

Hal ini dilakukan agar hasil sumber daya alam dapat terus diproduksi dan dimanfaatkan kegunaannya. Misalnya, membangun tambak lobster di wilayah pesisir atau laut.

 

Kemudian, beternak domba untuk dimanfaatkan bulunya sebagai bahan baku pembuatan

2. Mengelola sumber daya alam agar bernilai ekspor

Sumber daya alam bersifat tidak merata. Artinya, setiap wilayah di permukaan Bumi memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda, baik dari segi wujud, jumlah, maupun sifatnya.

 

Hal ini menjadikan sumber daya alam memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi suatu wilayah atau negara. Manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam di wilayahnya untuk memperoleh keuntungan ekonomi.

 

Sebagai contoh, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya tambang berupa minyak bumi. Hasil sumber daya alam tersebut kemudian diekspor ke luar negeri dengan Indonesia memperoleh keuntungan devisa sebagai imbal hasil penjualan.pakaian.

 

3. Menjaga kelestarian laut dan hutan

 

Oksigen adalah hal utama yang diperlukan manusia dan makhluk hidup lainnya untuk bernapas. Oksigen menjadi pembeda antara planet Bumi dengan planet lainnya dan menjadikan Bumi sebagai tempat yang layak huni.

 

Sumber daya alam laut merupakan penyumbang oksigen terbesar di di dunia.

 

Dikutip dari National Ocean Service Atmospheric Administration (NOAA), setidaknya 50 hingga 80 persen oksigen yang ada di Bumi diproduksi di laut. Hal ini karena laut menjadi rumah bagi plankton, tanaman, ganggang, dan bakteri-bakteri yang dapat berfotosintesis.

 

Selain laut, sumber daya alam lainnya yang juga banyak menghasilkan oksigen, yaitu hutan hujan tropis. Hal ini karena hutan banyak ditumbuhi berbagai tumbuhan penghasil oksigen.

 

Sehingga menjaga kelestarian laut dan hutan menjadi hal yang penting untuk dilakukan manusia untuk menjaga pasokan oksigen yang ada di Bumi.

 

Untuk menjaga kelestarian laut dan hutan, manusia bisa memulainya dengan hal-hal kecil. Misalnya mengurangi penggunaan sampah plastik atau satu orang menanam satu pohon

 

4. Menggunakan sumber daya tambang secukupnya

 

Alam menciptakan sumber energi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kepentingan. Sayangnya sumber daya alam tambang tidak terbarukan dan bisa habis apabila digunakan secara berlebihan.

 

Padahal pemanfaatannya sangat besar, termasuk sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, pembangkit listrik, sumber energi mesin pabrik, dan sebagainya. Sebisa mungkin mengurangi penggunaan sumber daya tambang dapat mencegah habisnya pasokan bahan tambang di dunia.

 

Sebagai contoh, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor untuk pindah ke tempat yang tidak terlalu jauh

 

5. Beralih ke sumber daya alam yang dapat dipercaya

 

Manusia dapat beralih menggunakan sumber energi yang dapat diaktifkan untuk mengaktifkan sumber energi yang tidak dapat diaktifkan. Hal ini berlaku untuk pemanfaatan sumber daya alam di ranah energi.

 

Misalnya, beralih dari penggunaan batu bara ke pemanfaatan energi matahari untuk pembangkitan listrik

In reply to Ibnu Anas Hernawan

Re: Cara Menjaga & Memanfaatkan Sumber Daya

by NAJWA ALYANI IMANNINA -
Sumber daya alam sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia.