Forum Diskusi Modul Tematik

The Function of Bansos

The Function of Bansos

by WAHYUNI SAPRIANI HUTASUHUT -
Number of replies: 0

Rehabilitasi Sosial,  Bansos bertujuan untuk mengungkapkan dan mengembangkan kemampuan seseorang yang mengalami disfungsi sosial agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar.

 

2. Perlindungan Sosial,  T ujuan selanjutnya adalah untuk mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentanan sosial seseorang, kelompok masyarakat agar hidup keluarga dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan dasar minimal.

 

3. Pemberdayaan Sosial,  Bansos juga bertujuan sebagai pemberdayaan sosial, yakni untuk menjadikan seseorang atau kelompok masyarakat yang mengalami masalah sosial memiliki daya, sehingga mampu memenuhi kebutuhan dasar.

 

4. Jaminan Sosial,  Bansos sebagai jaminan sosial merupakan skema yang melembaga untuk menjamin penerima bantuan agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak.

 

5. Penanggulangan Kemiskinan,  Tujuan dari penanggulangan memiliki arti bahwa bansos merupakan kebijakan, program, kegiatan, dan sub kegiatan yang dilakukan terhadap orang, keluarga, kelompok masyarakat yang tidak memiliki sumber mata pencaharian dan tidak dapat memenuhi kebutuhan yang layak bagi kemanusiaan .

 

6. Penanggulangan Bencana, P emberian bansos bertujuan untuk penanggulangan bencana merupakan upaya yang ditujukan untuk rehabilitasi.