Forum Diskusi Modul V: Social Enterpreneurship

social entrepreneuership

social entrepreneuership

by Muchamad Sadam Chusen -
Number of replies: 0

Social enterprise atau perusahaan sosial adalah sebuah ide bisnis yang menggabungkan antara konsep dasar berdagang yaitu mencari keuntungan dengan kewajiban kita membantu lingkungan sosial, di mana sebuah perusahaan akan memaksimalkan pendapatannya sejalan dengan manfaat yang diberikan kepada masyarakat.

Di Indonesia, kegiatan-kegiatan social entrepreneurship memiliki bentuk suatu usaha yang tidak mencari keuntungan, namun hanya membutuhkan dukungan operasional. Tujuan dari usaha tersebut dilakukan adalah semata-mata hanya untuk kepentingan masyarakat. Sehingga dengan kata lain, usaha tersebut tidak berorientasi pada mencari profit saja.

Seseorang yang ingin menjadi seorang entrepreneur maupun social entrepreneur, harus memiliki motivasi kuat, passion serta pengetahuan. Pengetahuan yang dimaksud meliputi segala hal yang berkaitan dengan bisnis dan pasar. Selain hal tersebut, social entrepreneur juga harus memiliki sifat yang teladan yang bertujuan untuk menggerus iklim ekonomi yang kurang berpihak pada permasalahan sosial masyarakat seperti liberalisme dan kapitalisme yang sering terjadi saat ini.

Indonesia saat ini masih membutuhkan banyak orang di dalam bidang social entrepreneurship agar masalah kemiskinan, pendidikan, kesehatan serta lapangan pekerjaan dapat diselesaikan dengan kewirausahaan. Dengan begitu maka akan tercipta negara yang lebih sejahtera, makmur dan adil merata.