Forum Diskusi 2: Komunikasi

Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif

by KARINA DEWI SAPUTRI -
Number of replies: 1

Agar komunikasi bisa berlangsung efektif, perlu diperhatikan faktor yang memengaruhinya. Menurut Scoot M. Cultip dan Alle, faktor tersebut disebut dengan The Seven Communication, yaitu:

  1. Credibility

Kredibilitas berkaitan erat dengan kepercayaan. Seorang komunikator yang baik harus memiliki kredibilitas agar pesan yang disampaikan dapat tersasar dengan baik.

  1. Context

Konteks berupa kondisi yang mendukung ketika berlangsungnya komunikasi. Supaya komunikasi berjalan efektif, konteks yang tepat menjadi halĀ  yang menarik perhatian komunikan.

  1. Content

Isi pesanmerupakan bahan atau materi inti apa yang hendak disampaikan kepada audiens. Komunikasi menjadi efektif apabila isi pesan mengandung sesuatu yang berarti dan penting untuk diketahui oleh komunikan.

  1. Clarity

Pesan yang jelas alias tidak menimbulkan penafsiran yang bermacam-macam adalah kunci keberhasilan komunikasi. Kejelasan informasi adalah hal penting yang bisa mengurangi dan menghindari risiko kesalahpahaman pada komunikan.

  1. Continuity and consistency

Agar komunikasi berhasil, maka pesan atau informasi perlu disampaikan secara berkesinambungan atau kontinu.

  1. Capability of Audience

Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila sang penerima pesan memahami dan melakukan apa yang terdapat pada isi pesan. Dalam hal ini, tingkat pemahaman seseorang bisa berbeda-beda tergantung beberapa faktor, contohnya latar belakang pendidikan, usia, ataupun status sosial.

  1. Channels of Distributions

Bentuk-bentuk media komunikasi yang biasa digunakan saat ini adalah media cetak ataupun elektronik. Pertimbangkan secara matang pemilihan media yang sesuai dan tepat sasaran agar tidak terjadi komunikasi yang sia-sia.

In reply to KARINA DEWI SAPUTRI

Re: Komunikasi Efektif

by Kaprian Alsyah Kurnia -
menurut saya komunikasi efektif itu adalah komunikasi yang disampaikan dengan cara memberi kemudahan dalam memahami pesan kepada orang lain