Forum Diskusi 1: Pemetaan Sosial

Apakah Pemetaan Itu?

Apakah Pemetaan Itu?

by KHOFIFAH RIFDAH PANE -
Number of replies: 2

Pengertian Pemetaan Sosial

Pemetaan Sosial adalah satu metode visual yang menunjukkan lokasi relatif suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi sosial komunitas tersebut. Pemetaan sosial yang dilakukan untuk menemukenali tentang kondisi sosial budaya masyarakat pada wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai wilayah sasaran program. Pemetaan sosial juga dapat didefinisikan sebagai proses identifkasi karakteristik masyarakat melalui pengumpulan data dan informasi baik sekunder maupun langsung (primer) mengenai kondisi masyarakat dalam satu wilayah tertentu.

 

Hal yang perlu diketahui juga bahwa tidak ada aturan dan bahkan metode tunggal yang secara sistematik dianggap paling unggul dalam melakukan pemetaan sosial. Prinsip utama bagi para pendamping sosial, pekerja sosial maupun agen perubahan sosial lainnya dalam melakukan pemetaan sosial adalah bahwa ia dapat mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dalam suatu wilayah tertentu secara spesifik yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat keputusan dalam rencana pelaksanaan program pengembangan masyarakat.

 

Tujuan Pemetaan Sosial

 

Kegiatan pemetaan sosial lazimnya memiliki beberapa tujuan:

 

sebagai langkah awal untuk mengetahui wilayah calon sasaran program; 

untuk mengetahui kondisi atau karakteristik masyarakat calon sasaran program serta; 

sebagai dasar dalam penyusunan matrik perencanaan kegiatan program sesuai dengan potensi serta permasalahan yang ada pada wilayah calon sasaran program.

 Dalam pemetaan sosial, beberapa hal yang diharapkan adalah dapat menghasilkan data dan informasi tentang:

 

Data geografi yang terdiri dari letak wilayah, topografi, aksesibiltas lokasi dan lain-lain.

 

Data demografi yang terdiri dari jumlah penduduk, komposisi penduduk menurut usia jenis kelamin, mata pencaharian, agama, pendidikan, jumlah penduduk miskin (pra sejahtera dan sejahtera 1 lainnya) dan lainnya.

 

Data lainnya yang berhubungan dengan kondisi sosial budaya, kearifan lokal (local wisdom), adat istiadat, karakteristik masyarakat, pola hubungan antar masyarakat, kekuatan sosial/modal sosial yang berpengaruh dan lainnya.