What do you think about One Health?

One Health

One Health

by Diva Sherron -
Number of replies: 10

ketika mendengar kata One Health yang terlintas dipikiran saya ialah ketergantungan kesehatan antara ketiga makhluk hidup yaitu Manusia, Hewan dan Lingkungan, yang dimana ketiga aspek ini sangatlah melekat, tentu saja karna kita hidup saling berdampingan, dan juga OH yang mempunyai konsep untuk para masyarakat umum agar lebih aware lagi terhadap segala penyakit yang ada maupun yang akan dihadapi.

In reply to Diva Sherron

Re: One Health

by NOVITA AGUSTINA -
Saya setuju dengan pendapat Diva Sherron, point utama yang ditekankan dalam One Health (OH) adalah kolaborasi. Ditengah banyaknya masalah-masalah kesehatan baru yang muncul di masyarakat, maka OH menjadi pendekatan yang sangat efektif karena satu disiplin ilmu saja tidak cukup untuk memecahkan masalah tersebut. Kemampuan OH dalam mempelajari interaksi antara manusia, hewan, dan lingkungan memberikan dampak positif agar penyakit zoonosis senantiasa dapat diawasi dan di kontrol ancamannya terhadap kesehatan masyarakat.
In reply to NOVITA AGUSTINA

Re: One Health

by SITI HANIFAH MUSTAQILLA -
Saya sangat setuju dengan pendapat Diva dan Novita, bahwa One Health merupakan konsep yang menggambarkan kesehatan antara manusia, hewan, dan lingkungan dan dalam penanganannya membutuhkan kolaborasi dari berbagai multidisplin. Izin menambahkan bahwa One Health tidak hanya memperhatikan pada kesehatan secara medis, namun memerlukan kesehatan lingkungan. Kesehatan lingkungan dapat dilihat dari tata kota, kondisi hutan saat ini, infrastruktur, dan perlu memperhatikan perubahan iklim saat ini yang sangat mempengaruhi lingkaran kesehatan tersebut. Sebagai contoh jika lingkungan banjir maka dapat memunculkan bakteri, kemudian bakteri tersebut menyebarkan penyakit kepada manusia.
In reply to Diva Sherron

Re: One Health

by SISKA SIMANJUNTAK -
Benar sekali diva penekanan konsep one health sangatlah terangkum dimana prinsip yang digunakan terbilang efektif dan efesien yakni point terpentingnya ialah menekankan adanya kolaborasi pada semua sektor untuk pencegahan sedini mungkin terhadap masalah kesehatan yang dialami oleh manusia namun sayangnya kesadaran masyarakat sangat minim tentang hal berbau kesehatan dan itulah permasalahannya
In reply to Diva Sherron

Re: One Health

by ANGELIA DEBORA MORIA SIMANGUNSONG -
Betul, saya sangat setuju bahwa konsep one health adalah dimana kesehatan manusia ada hubungannya dengan kesehatan hewan dan lingkungan. Sehingga kesehatan manusia dan hewan, serta kesehatan lingkungan, tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan saling terkait. One Health juga penting dalam upaya pencegahan penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan antara hewan dan manusia, seperti COVID-19 yang menjadi pandemi di tahun 2020, Ebola, dan SARS. Dengan mempelajari One Health, kita dapat mengembangkan strategi yang lebih holistik dan efektif dalam mencegah dan mengendalikan masalah kesehatan baik yang sudah pernah muncul (re-emerging) maupun pada penyakit baru (emerging).

 

In reply to Diva Sherron

Re: One Health

by Dian Alma Clara Manihuruk -
Benar sya setuju dengan pernyataan Diva, namun saya lebih mempunyai konsep sendiri dimana One Health itu adalah sebuah konsep yang pendekatannya menggunakan 4K yaitu Koordinasi, Komunikasi, Kolaborasi, dan Kooperasi dalam menangani penyebab atau permasalahan yang ditimbulkan dari hewan/ekosistem kepada manusia serta memberi pemahaman baru dalam penanganannya
In reply to Dian Alma Clara Manihuruk

Re: One Health

by Damarjati Sidiq -
Saya sangat setuju dengan pendapat rekan-rekan terkait konsep One Health (OH), khususnya keterlibatan kolaborasi lintas sektor dan disiplin ilmu guna menyatukan dan meminimalkan bias pribadi dalam mewujudkan tujuan utama "One Health" dalam menyelesaikan pencegahan dan pengendalian penyakit atau masalah kesehatan baik dalam lingkup nasional hingga internasional.
In reply to Diva Sherron

Re: One Health

by Joice Laurentina -
Saya setuju dengan pendapat teman-teman semua mengenai konsep One Health. Menurut saya, konsep One Health ini menjadi salah satu upaya pendekatan yang sangat baik yang dapat kita lakukan sebagai manusia untuk mencapai kesehatan yang optimal secara global. Dengan menjalankan prinsip Kooperasi, Koordinasi, Komunikasi, dan Kolaborasi (4K) antar sektor secara maksimal, tentu kita dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan penyakit di masa depan.
In reply to Diva Sherron

Re: One Health

by Nadia Nur Ghania -
Saya sangat setuju dengan pendapat bahwa One Health merupakan konsep yang menggambarkan ketergantungan kesehatan antara manusia, hewan maupun lingkungan. Namun, saya izin menambahkan sedikit mengenai konsep One Health itu sendiri yang mana menurut pendapat saya One Health merupakan suatu pendekatan yang menekankan aspek kolaborasi dengan tujuan untuk mencapai hasil kesehatan yang optimal dengan mengakui keterkaitan antara kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan. Dalam pelaksanaanya, pendekatan One Health sangat berperan besar dalam mencegah terjadinya penyebaran penyakit menular, baik itu penyakit baru (emerging) dan penyakit yang sudah pernah muncul (re-emerging). Dengan adanya kooperasi, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi (4K) pada setiap aspek yang ada, penyebaran penyakit menular dapat dicegah dan dikendalikan keberadaannya.
In reply to Diva Sherron

Re: One Health

by Anastasia Rouli Alodia -
Saya setuju dengan pendapat Diva. Di tengah berbagai perubahan yang terjadi saat ini, seperti globalisasi dan pemanasan global, kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan menjadi suatu kesatuan yang dalam penanganannya memerlukan koordinasi, komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi dengan seluruh pihak yang terkait.
In reply to Diva Sherron

Re: One Health

by Elsie Liestiani -
Saya juga setuju dengan pendapat teman-teman semua, dengan menerapkan konsep One Health yang tidak hanya memfokuskan pada kesehatan manusia tetapi juga berfokus pada kesehatan hewan dan juga lingkungan yang akan berpengaruh untuk kesehatan masyarakat. Hal ini terjadi karena manusia, hewan, dan lingkungan merupakan aspek yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sehingga, penerapan konsep One Health diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dengan memperhatikan kesehatan hewan dan juga kesehatan lingkungan.