FORUM DISKUSI PERTEMUAN 7

Setelah Anda mempelajari memahami karakteristik pembelajaran abad 21, silahkan anda analisis bagaimana implikasi pembelajaran Abad 21 terhadap pembelajaran IPA di SD, melalui studi kasus berikut:

Kasus Ilustratif I

Tujuan:
• Siswa, dapat membandingkan teori penciptaan alam semesta antara yang satu dengan
lainnya.
Aktifitas Pembelajaran:
• Guru menjelaskan konsep penciptaan alam semesta menurut beberapa pakar.
• Penjelasan dilakukan menggunakan sekitar 40 slide presentasi via LCD projector,
dilengkapi dengan animasi yang indah, kombinasi teks dan gambar via internet yang
terhubung di ruang kelas.
• Dilanjutkan dengan tanya jawab dan kesimpulan.
• Diakhiri dengan memberikan pekerjaan rumah.

Kasus Ilustratif II

Tujuan:
• Siswa, dapat membandingkan teori penciptaan alam semesta antara yang satu dengan lainnya.
Aktifitas Pembelajaran:
• Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil.
• Setiap kelompok diminta untuk membahas salah satu teori dari buku yang telah disediakan.
• Setiap kelompok diminta mendapatkan informasi tambahan yang relevan dengan cara searching
via internet
• Setiap kelompok, diminta menyajikan hasil bahasannya secara kreatif dengan menggunakan tool
teknologi yang familiar bagi mereka, seperti slide presentasi (misal Power Point, MSWord, dll),
foto editor, video editor, dll atau dengan cara lain, misal menggunakan gambar di karton, atau
disajikan dalam bentuk lagu, dll.
• Setiap kelompok mempresentasikan dan dibahas bersama.
• Pasca kelas, siswa diminta merefleksikan apa yang telah dipelajari melalui blog dan sosial media
seperti instagram, facebook, dll dan minta dikomentari orang tua dan teman-temannya.


Pertanyaan Acuan

Dari kedua kasus tersebut, manakah yang menggambarkan pembelajaran IPA abad 21?

Kemukakan jawaban beserta alasan/pendapat Anda pada forum diskusi, dan berdiskusilah secara aktif dengan cara me-reply topik yang tersedia minimal 5x.

Separate groups: All participants
(There are no discussion topics yet in this forum)