Course Description

"Halo, para mahasiswa! Selamat datang dalam mata kuliah Penelitian Pengajaran Matematika. Mata kuliah ini akan menjadi perjalanan yang menarik dan mendalam dalam memahami proses ilmiah di dunia matematika. Mata kuliah ini akan diampuh oleh dua dosen  Ibu Yunda dari Universitas Kristen Indonesia Tentena dan  Ibu Yusem dari Universitas Kristen Indonesia Toraja .

Pada mata kuliah ini, kita akan membahas berbagai aspek penting terkait penelitian di bidang matematika. Ini mencakup pemahaman tentang tahapan penelitian, jenis-jenis penelitian, perumusan masalah, kajian literatur, teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif, pengembangan instrumen, teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, teknik keabsahan data, dan penulisan referensi.

Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar Anda dapat:

  1. Mampu menggunakan penalaran yang logis dalam melakukan eksplorasi, membuat dugaan, dan generalisasi, serta menyusun bukti matematika.
  2. Mampu merumuskan masalah dengan cermat, memodifikasi masalah apabila diperlukan, serta menyelesaikan masalah dalam bidang matematika dan penerapannya.
  3. Mampu membaca matematika dengan pemahaman dan mengomunikasikan ide-ide matematika.
  4. Mampu mengenali dan mengaitkan antar konsep matematika, serta kaitan matematika dengan bidang lain dan kehidupan sehari-hari.
  5. Menjelaskan landasan dan wawasan keilmuan tentang ide penelitian dan desain penelitian.
  6. Merancang proposal penelitian dengan metodologi penelitian yang tepat untuk pembelajaran.
  7. Menentukan langkah-langkah penelitian dengan benar.

Kami akan memandu Anda melalui setiap langkah pembelajaran ini dan berharap Anda akan mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang penelitian dalam konteks matematika.

Jadi, mari kita mulai perjalanan ini dengan semangat belajar yang tinggi, karena pengetahuan yang akan Anda peroleh dalam mata kuliah ini akan sangat berharga dalam karir akademik dan profesional Anda. Selamat belajar!"

(No announcements have been posted yet.)