PENDAHULUAN Selamat Datang Kepada Mahasiswa PGSD UM Purworejo dan PGSD STKIP Manokwari pada Mata Kuliah Manajemen Sekolah Kelas Kolaborasi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Rekan mahasiswa yang berbahagia, selamat datang pada mata kuliah Manajemen Sekolah Kelas Kolaboasi. Mata kuliah Manajemen Sekolah Kelas Kolaborasi merupakan mata kuliah dasar yang terletak di semester 3 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammaiyah Purworejo, bersama dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Manokwari. 

Materi Manajemen Sekolah tidak hanya sekedar membahas teori tentang manajemen di sekolah saja, akan tetapi lebih menitikberatkan pada kegiatan survey di lapangan  dan pembuktian melalui forus presentasi berkelompok dari setiap sekolah yang dijadikan sebagai objek saat observasi dan wawancara dilakukan oleh mahasiswa dan membahas keadaan rill di lapangan baik SD negeri maupun swasta yang ada di Purworejo dan Manokwari, 

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah lain yaitu: 

1.    Konsep Dasar Manajemen Pendidikan (1)

2.    Landasan Manajemen Pendidikan (2)

3.    Organisasi Manajemen Pendidikan (3)

4.    Manajemen Kurikulum, (4)

5.    Manajemen Peserta Didik, (5)

6.    Manajemen Tenaga Kependidikan, (6)

7.    Manajemen Fasilitas Pendidikan, (7)

8.    UTS

9.    Manajemen Pembiayaan Pendidikan, (9)

10.    Manajemen Hubungan Lembaga Pendidikan Dengan Massyarakat, (10)

11.    Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, (11)

12.    Manajemen Mutu Pendidikan, (12)

13.    Mutu Pendidikan, (13)

14.    Manajemen Dan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, (14)

15.    Manajemen Tata Laksana Pendidikan. (15)

16.    UAS (16)

Semoga materi yang disampaikan bisa dipahami oleh rekan mahasiswa dengan mudah dan menyenangkan. Jika ada kesulitan rekan mahasiswa bisa menggunakan Forum Diskusi untuk bertanya jawab.

Selamat kuliah, dan Wassalamu'alaikum Wr Wb.

CP Mata Kuliah

 

M1

Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum serta memecahkan masalah tentang konsep dasar namajemen Pendidikan serta landasan manajemen pendidikan

M2

Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang organisasi Lembaga Pendidikan serta manajemen kurikulum

M3

Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang manajemen peserta didik dan manajemen tenaga kependidikan

M4

Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang manajemen fasilitas Pendidikan serta namajemen pembiayaan pendidikan

M5

Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang manajemen hubungan Lembaga Pendidikan dengan masyarakat serta kepemimpinan dan supervise pendidikan

M6

Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum, memecahkan masalah tentang manajemen mutu Pendidikan, mutu Pendidikan

M7

Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang manajemen dan pengelolaan perpustakaan serta menejemen tata laksana pendidikan

Pustaka

Utama

Sherly, S., Nurmiyanti, L., Firmadani, F., Safrul, S., Nuramila, N., Sonia, N. R., ... & Hardianto, H. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN (Tinjauan Teori dan Praktis).

Pendukung

Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan.

1. Relevansi Mata Kuliah

  • Mengetahui prinsip-prinsip manajemen: Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami prinsip-prinsip dasar manajemen yang dapat diterapkan dalam pengelolaan sekolah. Pengetahuan ini akan membantu dalam mengatur sumber daya, mengambil keputusan, dan melakukan perencanaan strategis untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
  • Meningkatkan kompetensi kepemimpinan: Kepemimpinan yang baik sangat penting dalam mengelola sekolah. Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang diperlukan untuk memimpin dan menginspirasi staf, guru, dan siswa sekolah.
  • Memahami aspek hukum dan regulasi dalam pendidikan: Pendidikan memiliki banyak peraturan dan kebijakan yang harus dipatuhi. Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa memahami aspek hukum dan regulasi yang terkait dengan pengelolaan sekolah, termasuk peraturan pendidikan, kesehatan dan keselamatan, hak siswa, dan lainnya.
  • Mengelola sumber daya manusia: Sekolah adalah organisasi kompleks yang melibatkan banyak orang, seperti staf pengajar, siswa, orang tua, dan pihak-pihak terkait lainnya. Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa mempelajari strategi pengelolaan sumber daya manusia yang efektif, termasuk rekrutmen, pelatihan, evaluasi kinerja, dan pengembangan petugas sekolah.
  • Mengembangkan kemampuan manajerial: Mata kuliah ini membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan manajerial dalam mengelola anggaran, mengatur keuangan, dan merencanakan pengembangan sekolah. Pengetahuan ini akan membantu dalam membuat keputusan penting dan mengelola sumber daya secara efisien.
2. Kemanfaatan Mata Kuliah

  1. Peningkatan pemahaman tentang manajemen sekolah: Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang teori dan praktik manajemen sekolah. Mereka akan mempelajari bagaimana mengelola sumber daya manusia, finansial, dan fisik untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Pemahaman ini akan membantu mahasiswa menjadi guru yang lebih efektif dalam mengelola dan mengembangkan sekolah dasar mereka di masa depan.
  2. Pengetahuan tentang perencanaan dan penganggaran: Salah satu aspek penting dalam manajemen sekolah adalah perencanaan dan penganggaran. Mahasiswa akan mengerti bagaimana merencanakan program pendidikan, menetapkan tujuan, dan menyusun anggaran yang efektif. Pengetahuan ini akan membantu mereka dalam merencanakan pembelajaran yang efektif dan mengelola aset sekolah dengan bijak.
  3. Kemampuan merancang dan melaksanakan kebijakan sekolah: Dalam mata kuliah manajemen sekolah, mahasiswa akan belajar tentang pentingnya kebijakan dan prosedur dalam mengelola sekolah. Mereka akan mempelajari bagaimana merancang kebijakan yang sesuai dengan tujuan pendidikan, serta melaksanakan kebijakan tersebut dengan efektif. Kemampuan ini akan membantu mahasiswa menjadi pemimpin yang baik dalam institusi pendidikan mereka.
  4. Kesadaran terhadap isu-isu terkini dalam pendidikan: Manajemen sekolah juga mencakup pemahaman tentang isu-isu terkini dalam pendidikan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan menjadi lebih sadar tentang isu-isu seperti inklusi, multikulturalisme, teknologi pendidikan, dan penilaian pendidikan. Kesadaran ini akan membantu mereka menjadi guru yang lebih siap menghadapi tantangan dalam lingkungan sekolah yang terus berkembang.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

  • Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang organisasi Lembaga Pendidikan serta manajemen kurikulum

  • Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang manajemen peserta didik dan manajemen tenaga kependidikan

  • Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang manajemen fasilitas Pendidikan serta namajemen pembiayaan pendidikan

  • Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang manajemen hubungan Lembaga Pendidikan dengan masyarakat serta kepemimpinan dan supervise pendidikan

  • Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum, memecahkan masalah tentang manajemen mutu Pendidikan, mutu Pendidikan

  • Mahasiswa melalui studi literatur, kasus terkait dengan MBS mampu menelaah, mengkaji menjabarkan dan merangkum memecahkan masalah tentang manajemen dan pengelolaan perpustakaan serta menejemen tata laksana pendidikan


4. Cara Belajar

Cara belajar yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah menggunakan metode sinkron dan asinkron dengan interaksi: 

  • a. Pemanfaatan video pembelajaran
  • b. Forum diskusi dan tanya jawab
  • c. Latihan, evaluasi, dan Quiz

(No announcements have been posted yet.)