Diskusi

Ada 5 soal ujian untuk UTS, yang bisa di lihat di link atasnya
untuk jawabannya: 
No.1 untuk kelas A dan kelas B sama, kata kuncinya adalah: tektonika adalah ilmu yang mempelajari mekanisme tektonik/isme, tektonik/isme adalah gaya yang bersifat merusak dan membangun pada lapisan kerak bumi, sehingga membentuk arsitektur kerak bumi, berupa tinggian (pegunungan), rendahan/cekungan dan dataran; yang kemudian disebut dengan struktur geologi. Geologi Struktur adalah ilmmu yang mempelajari struktur geologi.
KApan diaplikasikannya? saat kita mempelajari dan menganalisis geomorfologi, sedimentasi, struktur geologi dan aplikasinya dalam eksplorasi dan ekstraksi sumber daya geologi dan mitigasi bencana geologi.

2. Punggungan dan Rendahan terbentuk oleh adanya gaya ekstensi, kompresi dan transform; tinggal digambarkan saja, kalau gaya kompresi akan membentuk pegunungan lipatan, sedangkan gaya ekstensi membentuk cekungan/lembah dan gaya transform membentuk morfologi yang undulating.

3. Mekanisme tektonik lempeng: ridge push (dorongan dan gelinciran) dan slab pull (tarikan). lempeng (samudera dan benua) berada di atas lapisan massa yang bersifat plastis dan licin karena tersusun atas massa plastis yang bersuhu tinggi dan bertekanan tinggi, sehingga mudah tergelincil. saat ada tumbukan, maka lempeng yang lebih tipis akan tergelincir di bawah lempeng yang lebih tebal karena kondisinya yang labil. setelah tergelincir maka, ujung lempeng akan menyentuh lapisan cair seperti air, sehingga tertarik untuk jatuh / memasuki massa cair tersebut lalu menarik seluruh tubuhnya yang mampu ditariknya. Pada sisi lain, lempeng yang tergelincir jatuh pada massa cair tersebut akan menipis di bagian tertentu, lalu patah karena sifatnya yang rigit (mudah patah) sehingga terbentuk zona pemekaran. dan seterusnya...

4. Geologi tepian lempeng:
a. Komplek melange pada zona palung laut: batuan bancuh yaitu campuran batuan asal lempeng samudera, lempeng bennua, tepian lempeng aktif yang selanjutnya terlipat-lipat hingga membentuk lipatan rebah (prisma akreasi), terdiri atas granit, basalt ultra basa, eklogit, sekis, gneis dan lain-lain, sehingga sangat sulit diidentifikasi urut-urutan stratigrafinya.
b. Komplek ofiolit: runtunan batuan beku ultra basa yang berasosiasi dengan batuan sedimen laut dalam, denggan struktur sesar-sesar transform dengan morfologi undulating (bergelombang)
c. Busur magmatik: batuan gunung api hasil dari aktivitas magma Ca-alkalin (andesitik-basaltik), K-alkalin (riolit-dasit) dan lain-lain... dan seterusnya

5. Bumi mengalami evolusi dan rotasi kepada matahari, sehingga terbentuk pemilahan struktur dalam bumi: padat hingga plastis (inti bumi), cair-hingga plastis (mantel bumi), dan kerak bumi yang sangat tipis dan sangat mudah patah. Inti bumi membentuk gaya gravitasi dan selubung bumi (atmosfer), sehingga sifat dan komposisinya heterogen. oleh suhunya yang sangat tinggi dan rotasinya terhadap matahari, terbentuk arus konveksi pada lapisan mantel. Arus konveksi tersebut menggerakkan lapisan kerak bumi sehingga ada yang menjauh, mendekat, dan transform.

Adek-adek, silakan kerjakan latihan soal ini, kalau ada pertanyaan, silakan isi chat di forum ini.

(There are no discussion topics yet in this forum)