Pengertian Topologi

Topologi (Topology) merupakan fitur yang digunakan untuk memodelkan hubungan spasial antara feature class dalam sebuah dataset. Fungsi utama dari topologi ini adalah untuk menganalisis dan memperbaiki kesalahan (error) serta menjaga kualitas dan integritas dari data geospasial yang kita hasilkan.

Cara kerja topologi ini adalah dengan mendefinisikan aturan-aturan  (rules) yang mengatur hubungan antar data geospasial sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, topologi akan bekerja sesuai dengan aturan-aturan yang dibuat oleh operator dengan cara mendefinisikan sifat hubungan antara masing-masing data geospasial tersebut.

Ada banyak macam rules yang dapat digunakan dalam analisis Topologi, baik untuk tipe data point, polyline, hingga polygon, serta sifat hubungan diantara ketiganya. Secara lengkap silakan lihat pada Gambar 1. dibawah ini.

 

Sebagai catatan, analisis topologi ini tidak dapat dilakukan pada jenis data shapefile (shp), namun hanya dapat dilakukan pada jenis data feature class dan setiap data feature class ini telah terintegrasi pada feature dataset dan geodatabase.

Visible groups: All participants
(There are no discussion topics yet in this forum)